Sabtu, 20 April 24

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Apkasi Gelar AOE19

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Apkasi Gelar AOE19
* Acara sosialisasi Apkasi Otonomi Expo 2019 (AOE19). (foto: dok Apkasi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar sosialisasi Apkasi Otonomi Expo 2019 (AOE19) di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jl. Urip Sumohardjo, Makassar, Kamis (31/1/2019). Hal ini dilakukan karena semangat dan tekad kuat untuk menghadirkan tersedianya informasi menyeluruh potensi komoditas maupun investasi yang dimiliki masing-masing daerah di seluruh tanah air.

Sekretaris Jenderal Apkasi Najmul Akhyar dalam sambutannya menjelaskan bahwa sejak tahun 2001 hingga 2018, Apkasi telah menggelar 14 kali even promosi produk unggulan daerah yang berdampak cukup signifikan terhadap nilai investasi dan perdagangan para peserta expo.

“Even tahunan Apkasi Otonomi Expo ini merupakan bentuk nyata upaya Apkasi dalam rangka turut serta menyukseskan program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah,” terang Najmul dari keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Jumat (1/2).

Bupati Kabupaten Lombok Utara ini menambahkan, keberhasilan penyelenggaraan even tahun lalu merupakan realisasi upaya Apkasi dalam mendukung program pemerintah tersebut. Even yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi dan dihadiri tak kurang dari 10 ribu pengunjung potensial tersebut, merupakan bentuk implementasi peran Apkasi dalam mendorong daerah agar memiliki daya saing yang kuat.

“Sehingga mampu memenangkan persaingan dan merebut pasar baik di tingkat ASEAN maupun global,” ungkapnya.

Sepanjang penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo 2018 lalu, telah terjadi transaksi bisnis secara langsung maupun kesepakatan transaksi investasi yang tercatat lebih dari 2 triliun rupiah transaksi bisnis, di mana kontribusi paling besar berasal dari sektor infrastruktur pelabuhan dan energi.

“Nilai tersebut, belum termasuk transaksi-transaksi lanjutan yang dilakukan oleh para peserta di luar penyelenggaraan event,” imbuh pria kelahiran  Nusa Tenggara Barat, 14 Juni 1972 ini.

Selaku tuan rumah Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang berhalangan hadir dan menitipkan pesan melalui Pj. Sekprov Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta sosialiasi #AOE19. Ashari menambahkan Pemprov Sulsel menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan #AOE19 yang sudah menjadi agenda rutin dari Apkasi ini.

“Dukungan ini, tentunya kami berikan karena tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini jelas sangat bermanfat bagi kemajuan perekonomian masyarakat di kabupaten, sehingga kami bersedia memfasilitasi kegiatan ini untuk kabupaten-kabupaten di wilayah Indonesia bagian Timur,” kata Ashari.

Dia melihat hasil yang dicapai bagi masuknya investasi dan transaksi perdagangan yang nilainya cukup besar ke kabupaten-kabupaten, maka pihaknya sangat mendorong agar pemerintah kabupaten di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya kabupaten di Sulawesi Selatan, dapat ikut dan memanfaatkan kesempatan di arena expo tersebut.

Sementara itu Penasehat Khusus Apkasi Ryaas Rasyid memberikan motivasi kegiatan AOE19 ini hadir sebagai salah satu upaya yang diperankan Apkasi dalam mendorong dan meningkatkan roda perekonomian di daerah. “Kami juga mengharapkan terjalinnya kerjasama antar daerah, antar kabupaten yang kuat di mana masing-masing daerah dengan segala komoditas unggulan yang mereka miliki bisa saling melengkapi satu dengan lainnya,” ujarnya.

Bupati Majene Fahmi Massiara memberikan testimoni akan keikutsertaanya di dalam Apkasi Otonomi Expo 2018 silam. Dia mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemkab Majene, di mana dalam expo kemarin berhasil mencatatkan transaksi yang nilainya cukup signifikan.

“Produk-produk UMKM kami ternyata mendapatkan jodoh pembeli kalangan pengusaha dari negara tetangga, Kamboja,” katanya.

Terkait dengan AOE19 sendiri akan dilaksanakan pada Rabu-Jumat, 3-5 Juli 2019 bertempat di Hall A dan Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), GBK-Senayan Jakarta. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.