Sabtu, 13 Agustus 22

Tingkatkan Pengamanan Aset, Kantor BPN Pasang Stiker QR Code Sertifikat di Rumah Warga

Tingkatkan Pengamanan Aset, Kantor BPN Pasang Stiker QR Code Sertifikat di Rumah Warga
* Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil Tinjau Rumah Warga Terpasang Stiker QR Code Sertifikat Tanah di Desa Babakan Asem, Kabupaten Tangerang. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Kab. Tangerang, Obsessionnews.com
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil mengunjungi Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Kamis (17/03/2022). Pada kesempatan ini, Sofyan A. Djalil meninjau salah satu rumah warga yang sebelumnya terdapat indikasi tumpang tindih atas bidang tanah di Wilayah Pantai Utara, Kabupaten Tangerang.

Peninjauan ini adalah rangkaian kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Provinsi Banten, yang merupakan bentuk keberhasilan Kementerian ATR/BPN melalui Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dan Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang dalam menyelesaikan masalah pertanahan di Desa Babakan Asem dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dalam kunjungan ini, Menteri ATR/Kepala BPN berkesempatan berdiskusi dengan masyarakat Desa Babakan Asem. Sofyan A. Djalil juga mencoba satu terobosan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang baru-baru ini, yakni memasang stiker pada rumah-rumah di Desa Babakan Asem yang berisi QR Code, yang apabila dipindai akan memberi informasi terkait status kepemilikan hak atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Nugraha, pemasangan stiker tersebut untuk memberikan tanda kepemilikan hak atas tanah masyarakat yang sudah terdaftar. Harapannya, dengan adanya penanda tersebut bisa efektif mencegah terjadinya kasus sengketa pertanahan di kemudian hari.

Kementerian ATR/BPN memiliki tugas salah satunya melakukan legalisasi aset. Dengan diberikannya hak atas tanah kepada masyarakat, diharapkan para pemilik tanah dapat lebih menjaga asetnya dan lebih memanfaatkan tanahnya. Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga terus melakukan terobosan peningkatan pengamanan aset untuk menghindari sengketa konflik pertanahan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.