Selasa, 25 Januari 22

Tingkatkan Pelayanan, UPT BKN Beroperasi di Padang

Tingkatkan Pelayanan, UPT BKN Beroperasi di Padang
* Peresmian kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Padang di Gedung Rohana Kudus, Padang, Sumatera Barat, Selasa (8/11/216) siang.

Padang, Obsessionnews.com – Guna memaksimalkan pelayanan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia mengoperasikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di Kota Padang.

UPT ini adalah yang ke enam yang telah diresmikan dari tujuh UPT yang akan beroperasi di Indonesia dalam tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, BKN mengoperasikan UPT di seluruh provinsi di Indonesia dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada ASN. 14 kantor yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia, perlu ditambah untuk meningkatkan pelayanan pada instansi pemerintah. Kantor UPT yang akan dibangun 20 di seluruh provinsi.

“Tahun ini kami sudah meresmikan lima kantor UPT kepegawaian, dan UPT BKN Padang menjadi yang ke enam dari tujuh UPT yang akan kita resmikan tahun ini,” katanya usai peresmian kantor UPT BKN Padang di Gedung Rohana Kudus, Selasa (8/11/216) siang.

Bima mengatakan, pelayanan pegawai sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Pelayanan dengan sistem ini tidak hanya untuk rekruitment Calon ASN, juga untuk ujian dinas, penyesuaian ijazah, bahkan untuk promosi jabatan.

“Jadi ASN yang ada di Sumbar untuk mengurus keperluan kepegawaiannya tidak mesti ke Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, tapi sudah bisa dilakukan disini UPT BKN Padang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti menjelaskan, pengoperasian UPT Padang merupakan bentuk kerjasama antara BKN dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam bentuk izin pinjam pakai tanah dan bangunan selama lima tahun terhitung tanggal 14 Juni 2016 sampai dengan 14 Juni 2021.

Fasilitas pendukung untuk mengoperasikan sarana CAT dilengkapi dengan 50 unit PC untuk berbagai keperluan kepegawaian.

“Jadi PC yang sudah berbasis CAT di UPT ini dapat digunakan untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, seleksi ujian ikatan dinas maupun pemetaan pegawai,” ulasnya.

Dalam kesempoatan yang sama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi hadirnya UPT BKN di Sumbar, karena ini menjadi jawaban bagi ASN, sehingga setiap urusan kepegawaian dapat diselesaikan disini dan tidak mesti harus ke kantor regional.

“Hadir UPT BKN di Padang menjadi solusi ASN dalam menyelesaikan segala urusan, jadi tidak mesti ke regional yang ada di Jakarta maupun Pekanbaru,” katanya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.