Selasa, 28 Januari 20

Tingkatkan Ekonomi Dalam Negeri, Kemenperin Ajak Siswa Membatik

Tingkatkan Ekonomi Dalam Negeri, Kemenperin Ajak Siswa Membatik
* Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih.

Jakarta, Obsessionnews.com­– Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengedukasi para generasi muda Indonesia untuk belajar membatik. Langkah ini dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap batik sebagai warisan budaya dunia sekaligus mendorong penumbuhan wirausaha baru.

“Kami tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan kegiatan ekstrakurikuler membatik pada Sekolah Menengah Kejuruan,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih pada Pembukaan Pameran Batik Pusaka Budaya Bangsa dalam rangka Peringatan Hari Batik Nasional di Jakarta, Minggu (2/10/2016) sore.

Gati mengungkapkan, gerakan melestarikan, menggunakan dan mengembangkan batik sebagai warisan tanah air, untuk mendongkrak perekonomian melalui pertumbuhan industri batik di dalam negeri.

“Peluang pasar batik saat ini juga sangat terbuka luas, baik di dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Hari Batik 2016 Nita Kenzo mengungkapkan Yayasan Batik Indonesia di tahun ini telah menluncurkan program menarik, yakni Batik ‘Karya Saya’ sebagai ungkapan rasa bangga pada generasi muda terhadap batik nasional, di mana program memberikan pelatihan membatik secara cuma-cuma kepada 50 siswa SMK 27 Jakarta yang dipilih lantaran memiliki jurusan tata busana.

“Kreativitas mereka sangat berkembang, termasuk saat membuat ornamen batik. Mereka sudah bisa membayangkan, jika membuat motif seperti ini nantinya pola bajunya akan seperti apa,” kata Nita.

Pelatihan tersebut telah diberikan sebanyak 13 kali selama September 2016 pada jam setiap pulang sekolah. (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.