Kamis, 25 April 24

Tinggal Empat Partai Papan Atas yang Akan Dilibas Ahok

Tinggal  Empat Partai Papan Atas yang Akan Dilibas Ahok
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Edwin Budiarso/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews –  Sinar keceriaan menghiasi wajah para relawan yang tergabung dalam komunitas ‘Teman Ahok’. Para relawan yang mayoritas anak-anak muda ini  sejak Juni 2015 bertugas mengumpulkan sejuta fotokopi KTP sebagai syarat agar  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bisa mengikuti Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Hingga Minggu (9/11) ‘Teman Ahok’ telah berhasil menghimpun 389.167 KTP. (Baca: Ahok Janji Angkat Guru Bantu Jadi PNS)

Perolehan KTP yang cukup banyak itu patut diapreasi. Hal ini menunjukkan besarnya dukungan warga DKI kepada Ahok. Ahok yang melejit popularitasnya karena berani membasmi korupsi, memang menarik simpati warga. (Baca: Inilah Sosok Ahok di Mata Mereka)

‘Teman Ahok’ merasa gembira karena perolehan KTP untuk Ahok berhasil mengalahkan perolehan suara  Golkar. Pada Jumat (6/11) jumlah KTP untuk Ahok terkumpul sebanyak  377.915 KTP, melewati  perolehan suara Golkar 376.221 suara pada Pemilu 2014 lalu di DKI. (Baca: Anton Medan Malu Umat Islam Memusuhi Ahok)

Sebelumnya KTP untuk Ahok mengungguli perolehan suara tujuh partai lainnya, yakni Partai Demokrat  sebanyak 360.929 suara, Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara). (Baca: Ribuan Massa Akan Tangkap Ahok Besok Pagi?)

Target berikutnya  tinggal empat partai papan atas, yakni PKS, PPP, Gerindra dan PDI-P, yang akan dilibas ‘Teman Ahok’. (Baca: Jutaan Pendukung Ahok Siap Lawan Eggi Sudjana)

“Dengan terlewatinya perolehan suara Golkar, maka tinggal empat partai yang perolehan suaranya masih di atas KTP untuk Ahok, yaitu PKS, PPP, Gerindra dan PDI-P.” kata juru bicara ‘Teman Ahok’ Amalia Ayuningtyas di markas ‘Teman Ahok’ di Graha Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (6/11).

Lia, panggilan akrabnya, optimis ‘Teman Ahok’ bisa melewati perolehan PKS di akhir November 2015. “Suara PKS itu sekitar 424.400 suara. Insya Allah kita bisa lewati di akhir November ini. Bahkan tidak mungkin kita bisa melewati PPP  (452.224 suara) sekaligus di bulan ini,” tuturnya.

Apabila dapat melewati dua partai tersebut, ‘Teman Ahok’ bisa membuktikan kepada partai bahwa Ahok adalah kandidat yang  mendapatkan dukungan luas dari rakyat. “Bahkan jika kita sudah mendekati atau melewati Gerindra di akhir tahun, ini berarti tiket  independen sudah di tangan,” ucapnya.

Lia mengakui  semakin banyak KTP terkumpul semakin kencang pula serangan politik dihembuskan ke Ahok. “Namun kami yakin, dengan niat yang baik, baik pengumpulan KTP maupun pekerjaan Ahok akan berhasil. Dua-duanya bisa terlewati. Amin, ” pungkasnya.

Ahok semula kader Golkar dan terpilih menjadi anggota DPR pada Pemilu 2009. Kemudian mantan Bupati Belitung Timur, Bangka Belitung, itu hengkang ke Partai Gerindra dan mengikuti Pilkada DKI 2012 sebagai cawagub yang berpasangan dengan Joko Widodo (Jokowi). Duet Jokowi dan Ahok memenangkan Pilkada setelah dua putaran. Saat itu mereka diusung oleh PDI-P dan Gerindra. 

Pada 2014 Jokowi terpilih menjadi Presiden. Ahok kemudian naik kelas menjadi gubernur dan dilantik di Istana Negara pada 19 November 2014.

Dan pada 2014 itu pula Ahok angkat kaki dari Gerindra, karena tidak sependapat dengan partai besutan Prabowo Subianto tersebut terkait sistem Pilkada. Ketika itu Gerindra mendukung Pilkada lewat DPRD, sementara Ahok lebih setuju Pilkada dengan cara langsung ditentukan masyarakat.

Setelah hengkang dari Gerindra, Ahok tidak bergabung dengan partai manapun. Ia memutuskan maju dalam Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. (Arif RH)

Baca juga:

PKS Usung Nur Mahmudi Lawan Ahok?

Lewati Hanura, KTP Untuk Ahok Akan Salip Enam Partai

Mampukah Sandiaga Uno Kalahkan Ahok?

Tokoh Tionghoa: Ahok Bukan Pemimpin Bersih

Ahok Rangkul Cewek Cantik Sebagai Wakilnya

Anton Medan Tunggu Telepon Eggi Jika Berani Tangkap Ahok

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.