Jumat, 3 Februari 23

Tindaklanjuti Arahan Presiden, Menteri PANRB Minta Jajaran Bekerja Inovatif dan Solid

Tindaklanjuti Arahan Presiden, Menteri PANRB Minta Jajaran Bekerja Inovatif dan Solid
* Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Humas Kemen PAN-RB)

Obsessionnews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta jajaran pegawai Kementerian PANRB untuk bekerja dengan penuh inovasi dengan program-program terobosan. Hal itu selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Jadi hari ini kita bersama-sama menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Joko Widodo. Para menteri telah diberi arahan. Ke depan tantangan bangsa tidak mudah, ada situasi ekonomi global yang tidak menentu, sehingga seluruh jajaran kementerian harus inovatif, tidak business as usual, dan juga cermat,” ujar Anas saat memimpin apel pagi di lingkungan Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (17/10).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Anas menyampaikan kondisi ekonomi global pada 2023 di mana ancaman resesi membayangi dunia. ASN diminta bersiap untuk menghadapi dampak dari ketidakpastian ekonomi global. “Oleh karena itu, semua aktivitas harus berdampak, berdampak ke perubahan birokrasi, berdampak positif terutama ke ekonomi masyarakat. Kita teliti betul program Kementerian PANRB, semua harus berdampak,” ujar mantan kepala LKPP diterima redaksi Selasa (18/10).

Anas juga mengajak seluruh jajaran kompak. Dia mengingatkan untuk mengesampingkan ego masing-masing unit kerja.

Kebijakan yang disusun oleh setiap unit kerja, lanjut Anas, memerlukan koordinasi dan sinergi yang baik sekaligus memperhatikan manfaat bagi masyarakat. “Perlu ada join outcome dan join impact dengan terobosan rencana aksi setiap deputi yang benar-benar memberikan dampak kepada masyarakat,” ujarnya

Lebih lanjut dikatakan, setiap keputusan harus diambil dengan hati-hati dan menyiapkan mitigasi risiko di setiap kebijakan namun tidak melupakan kecepatan. “Sebagaimana arahan Presiden, kita bekerja detail. Saya berharap dalam mengambil keputusan benar-benar diperhitungkan mendalam dampaknya apa saja. Setiap pejabat menghitung dan melakukan supervisi, tetapi tetap cepat,” tegasnya.

Mantan Bupati Banyuwangi ini juga meminta kepada unit kerja untuk dapat memberikan keleluasaan khususnya pada Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) di Kementerian PANRB untuk meningkatkan ilmu. Diharapkan kepada para pimpinan unit kerja untuk dapat terus memonitor target kinerja baik mingguan, bulanan maupun triwulan agar dapat terpenuhi.

Menteri Anas juga berpesan agar Kementerian PANRB tetap kompak dengan instansi paguyuban yang terdiri dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menyusun kebijakan teknis.

Apel pagi ini diikuti oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya dan Pratama secara fisik, serta seluruh pegawai melalui daring. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.