Kamis, 25 Juli 24

Timwas DPR Ungkap Kondisi Jemaah Haji Memprihatinkan, Bamsoet Minta Kemenag Bertanggung Jawab

Timwas DPR Ungkap Kondisi Jemaah Haji Memprihatinkan, Bamsoet Minta Kemenag Bertanggung Jawab
* Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet. (Foto: MPR RI)

Obsessionnews.com – Hasil laporan Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI mengungkapkan kondisi jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi, sungguh memprihatinkan. Utamanya terkait persoalan tenda yang dipergunakan bagi jemaah haji secara berdesakan, termasuk kurang cukupnya toilet yang tersedia, sehingga jemaah harus antre berjam-jam.

 

 

Baca juga: Penyelenggaraan Haji 2024 Bermasalah, DPR Bentuk Pansus

 

 

 

Terkait hal itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet, memberikan respons  MPR meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk bertanggung jawab atas kondisi tersebut.

“MPR pun meminta Kemenag dan PPIH agar dapat memperbaiki persoalan yang terjadi di Mina dengan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan ibadah haji 2024, sehingga untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ke depan jemaah dapat melaksanakan ibadah secara nyaman dan aman,” tegas Bamsoet dikutip obsessionnews.com dari keterangan resminya, Kamis (20/6/2024).

 

Selain itu, kata Bamsoet, pemerintah juga harus secara cermat memperhitungkan rasio kebutuhan tenda dengan jumlah jemaah, termasuk jumlah toilet yang disesuaikan dengan jumlah jemaah dalam satu tenda.

“Dengan begitu diharapkan faktor yang menjadi penyebab tidak memadainya fasilitas haji dapat dibenahi,” tuturnya.

Bamsoet meminta Kemenag agar menjadikan hasil evaluasi penyelenggaraan haji 2024 dan hasil laporan pantauan Timwas Haji DPR sebagai salah satu poin untuk pembenahan terhadap kualitas penyelenggaraan ibadah haji berikutnya, sehingga persoalan atau masalah yang terjadi di Tanah Suci tidak berulang.

 

Ia juga meminta komitmen Kemenag dan seluruh panitia penyelenggara haji agar meningkatkan kesiapan yang lebih matang dalam memberikan pelayanan yang dimulai dari tahap persiapan sampai selesai penyelenggaraan ibadah haji, khususnya untuk jemaah lansia. Dengan begitu diharapkan seluruh pelayanan haji, baik dari sisi fasilitas hingga sisi pelayanan kesehatan dapat lebih ditingkatkan dan dioptimalkan.

 

Bamsoet meminta komitmen pemerintah, dalam hal ini Kemenag bersama PPIH, untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kesiapan serta persiapan penyelenggaraan ibadah haji untuk musim-musim haji berikutnya. Termasuk dalam mengoptimalkan pengawasan terhadap seluruh fasilitas di Tanah Suci serta penanganan kondisi fisik dan mental jemaah guna menanggulangi masalah saat pelaksanaan ibadah haji. Mengingat, dengan kesiapan serta persiapan yang lebih matang, mampu menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.