Rabu, 13 November 19

Tiga Tips Mencegah Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget

Tiga Tips Mencegah Anak Agar Tidak Kecanduan Gadget
* Seorang anak bermain gadget. (Foto: Ita/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Semakin berkembangnya teknologi digital diakui telah banyak membantu masyarakat untuk bisa berkembang karena semua akses kini bisa didapat dengan mudah, dan cepat. Namun, tak bisa dipungkiri juga bahwa kehadirian gadget terkadang bisa menganggu anak-anak karena membuat mereka ketagihan untuk bermain.

Upaya mencegah anak-anak agar tidak kecanduan gadget menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Kemajuan teknologi tak melulu membawa pengaruh positif. Faktanya, banyak anak-anak yang kecanduan gadget hingga mereka harus berakhir dalam perawatan intensif di rumah sakit jiwa.

Efek adiktif dalam penggunaan gadget bisa berkembang menjadi masalah mental serius. Lantas, bagaimana cara mencegah anak-anak agar terbebas dari kecanduan gadget?
Berikut tipsnya:

1. Ciptakan quality time dengan buah hati

Saat anak rewel, orangtua kerap memberi si kecil gadget agar anak tenang. Namun anak-anak, terutama balita, masih memiliki keterampilan kognitif yang belum sempurna. Pemrosesan informasi dari gadget terbukti kurang menguntungkan daripada interaksi aktual dengan orang tua.

Balita dan proses kognitif simbolik anak-anak akan mendapat manfaat besar ketika ada orang dewasa yang menjelaskan dan berinteraksi dengan anak dibandingkan dengan menjadi penerima informasi pasif.

Selain itu, perkembangan sosial-emosional juga akan meningkat ketika ada interaksi yang sebenarnya. Semakin banyak waktu bermakna yang kita habiskan dengan anak, semakin kecil waktu sang anak untuk terpapar dengan gadget. Menyediakan waktu khusus untuk sang anak dapat menciptakan ikatan yang lebih intim antara orangtua dan anak.

Untuk itu, daripada memberikan gadget untuk si kecil, sebaiknya orangtua melakukan hal-hal berikut ini bersama si buah hati, yakni baca buku bersama, masak bersama, mengobrol bersama sang anak, dan berlibur dengan sang anak.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Jadi, sediakanlah waktu khusus untuk si kecil sehingga anak kita tak melulu bermain dengan gadget.

2. Batasi waktu penggunaan gadget pada anak

Agar sang anak terhindar dari kecanduan gadget, orangtua harus menetapkan batasan. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Mereka akan lebih memahami kapan waktu yang tepat untuk menggunakan gadget dan kapan harus berhenti.

Orangtua bisa menetapkan batasan penggunaan gadget pada anak dengan menggunakan aplikasi atau pengaturan gadget. Orangtua juga bisa mengunci koneksi internet dalam jangka waktu tertentu dan memberi si kecil jadwal khusus untuk bermain gadget.

Anak-anak harus memiliki waktu interaksi dengan lingkungan sekitar untuk melatih perkembangan motorik halus mereka. Perkembangan sosial-emosional juga dapat meningkat ketika mereka bermain dengan teman sebayanya.

Di sisi lain, banyak sekolah sekarang mengadaptasi teknologi sebagai bagian dari strategi pengajaran mereka. Kegiatan, kerja kolaboratif, dan bahkan penugasan menggunakan teknologi dan kehadiran online. Untuk itu, orangtua harus menerapkan batasan penggunaan gadget yang lebih bijaksana untuk anak-anak mereka.

3. Buat si kecil melakukan hal lain

Mencegah penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak bisa kita lakukan dengan cara lain untuk mengekspresikan diri dan menggunakannya waktu untuk bersantai. Oleh karena itu, orangtua harus bisa menawarkan sesuatu yang lebih relevan dan lebih bermanfaat untuk si kecil.

Sebagai contoh, kita bisa menawarkan si kecil kegiatan seperti olahraga, kegiatan seni, pelajaran musik atau apapun yang menjauhkan anak dari gadget. Memiliki rutinitas atau jadwal kegiatan tertentun juga bisa membuat sang anak tidak terlalu aktif dengan gadget dan membuat mereka mampu melakukan kegiatan yang merangsang kreativitas mereka. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.