Sabtu, 28 Mei 22

Tiga Skema Politik Golkar Memenangkan Pilgub Jatim

Tiga Skema Politik Golkar Memenangkan Pilgub Jatim
* Ridwan Hisjam tengah memberikan pengarahan kepada kader muda Golkar Kota Malang.

Malang, Obsessionnews.com – Menteri Sosial masih menjadi salah satu tokoh yang kuat untuk diusung sebagai calon gubernur Jawa Timur. Fraksi Partai Golkar pun siap mendukung Khofifah untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018 nanti. Dukungan terhadap Khofifah disebut semakin menguat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Jawa Timur DPP Partai Golkar, Ridwan Hisjam, usai menghadiri acara Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah UKM Kretif oleh Badan Ekonomi Kreatif di Kota Malang, Senin (17/7/2017). Golkar pun menawarkan posisi Cawagub.

“Di dalam rekomendasi dari Fraksi Partai Golkar Hubda Jatim, anggota DPR Fraksi Golkar dari Jawa Timur sudah merekomendasikan bahwa kita memberikan dukungan kepada Ibu Khofifah. Terus wakilnya kita minta dari kader Partai Golkar,” katanya.

Ia menegaskan, dukungan terhadap Khofifah belum final ditingkat DPP. Semua masih sebatas usulan. Golkar tetap masih mempertimbangkan beberapa figur lai untuk diusung sebagai cawagub. Sebab, selain Khofifah ada juga nama lain yang memiliki elektabilitas tinggi yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Masih yang tertinggi tiga nama. Saifullah Yusuf, kedua Ibu Risma dan yang ketiga Ibu Khofifah. Kalau dibawahnya ada tapi kecil – kecil,” jelasnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini menjelaskan bahwa dukungan terhadap Khofifah bagian dari sekema politik yang akan dipakai oleh Golkar. Ia menyebut setidaknya ada tiga sekema politik dalam menghadapi Pilkada Jatim. “Pertama, Golkar akan berkoalisi dengan partai lain untuk memenangkan satu pasangan calon,” jelasnya.

Kedua, Golkar akan memberikan dukungan terhadap pasangan calon. Sementara yang ketiga, Golkar akan membangun koalisi baru jika pasangan calon yang sudah ada tidak memiliki kesamaan visi dengan Golkar.

“Ini sudah menjadi keputusan di dalam rapat. Golkar berkoalisi untuk menang. Golkar memberikan dukungan supaya menang. Kalau dua – dua ini ternyata tidak deal, kita maju sendiri,” ujarnya.

Sejauh ini baru Gus Ipul yang menyatakan siap untuk maju sebagai Cagub. Ia sudah resmi didukung oleh PKB. PDI-P juga gadang akan mendukung Gus Ipul. Sementara Risma menyatakan tidak bersedia untuk maju sebagai Cagub Jatim. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.