Minggu, 2 Oktober 22

Tiga Satker Kanwil Kemenkumham DKI Maju ke TPN Kemenpan RB

Tiga Satker Kanwil Kemenkumham DKI Maju ke TPN Kemenpan RB
* Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menggelar kegiatan Penguatan Pelayanan Publik yang digelar di Hotel Royal Kuningan Jakarta. (Foto: Humas Kemenkumham DKI)

Obsessionnews.com – Tiga satuan kerja (Satker) Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta saat ini maju ke tahap Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian PAN-RB dalam Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2022.

Tiga satker ini diantaranya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 TPI Tanjung Priok, dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta.

Dalam hal ini, konsistensi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu hal yang menjadi kekuatan dalam rangka mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM.

Melalui kegiatan Penguatan Pelayanan Publik yang digelar di Hotel Royal Kuningan Jakarta, Rabu (10/8/2022), Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta siap menjawab tantangan dan meningkatkan inovasi pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Penguatan Pelayanan Publik ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dan berkaitan dengan pelayanan publik, yaitu Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, Inspektur Wilayah III Kemenkumham RI.

Kegiatan ini juga turut dihadiri para peserta dan tamu undangan, yaitu Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kanim Kelas 1 TPI Tanjung Priok, Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, Perwakilan Unit Pengelola Penanaman Modal dan PTSP Kecamatan Kramatjati, UMKM, Organisasi Bantuan Hukum, Notaris serta Akademisi.

Mempedomani Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun, berharap jajarannya dapat menyelenggarakan pelayanan prima yang
akuntabel, nyaman, mudah, cepat dan terjangkau.

“Upaya dan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan dengan memperhatikan perubahan dan perkembangan kebutuhan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, serta tentunya teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Ibnu.

Sekretaris Jenderal Ombudsman RI, Suganda Pandapotan Pasaribu, mengapresiasi atas upaya Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Satkernya dalam Pembangunan Zona Integritas.

Dia menilai, upaya yang telah dilakukan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam pembangunan Zona Integritas itu sangat lah positif, mengingat kata dia semua Kementerian Lembaga kedepannya sampai ke Pemerintah Daerah perlu melakukan pembangunan Zona Integritas WBK/WBBM untuk menuju sistem birokrasi berkelas dunia.

“Apalagi kalau kita lihat di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ini sudah menuju WBBM, tentunya hal ini akan memacu bagi Kanwil yang lainnya juga bisa melakukan hal yang sama,” katanya.

Suganda mengungkapkan, pelayanan yang pernah dia terima dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dan juga hasil survei-survei yang dia ketahui terkait tanggapan masyarakat, telah tergambar bahwa hal-hal pelayananya sangatlah positif.

“Artinya, ketika ada keluhan masyarakat responnya sangat cepat, ketika ada keluhan masyarakat perbaikan itu segera dilakukan. Nah, respon yang cepat dan kerja-kerja yang cepat inilah yang diharapkan pemerintahan saat ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Dedy Irsan, juga menyampaikan pihaknya akan terus mendorong dan mendukung upaya Pembangunan Zona Integritas yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Satkernya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Dedy pun berharap, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dapat meraih predikat WBBM di Tahun 2022 ini. “Karena dengan diperolehnya predikat WBBM ini, pasti akan berdampak pada kualitas pelayanan publik kepada masyarakat khususnya pengguna layanan di Wilayah Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ini,” pungkasnya.

Dedy juga meyebutkan, pihaknya juga akan terus memberikan masukan-masukan untuk pelayanan publik yang lebih baik, salah satunya dengan memberikan penguatan layanan publik, masukan-masukan, saran agar pelayanan terus ditingkatkan.

Lebih lanjut, Inspektur Wilayah III Kemenkumham RI Iwan Santoso, juga mengapresiasi semangat komitmen pimpinan dan jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dalam pembangunan Zona Integritas.

“Hal ini memberikan keyakinan bagi saya bahwa tahun 2022 ini Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta akan dapat meraih predikat WBBM. Saya dan jajaran tuga akan terus memberikan penguatan, masukan dan dukungan baik dikanwil maupun UPT agar pembangunan zona intrgritas ini dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.