Jumat, 30 Oktober 20

Tiga Perusahaan BUMN Siapkan Komodo Bond

Tiga Perusahaan BUMN Siapkan Komodo Bond
* Gedung BUMN,

Jakarta, Obsessionnews.com Tiga perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mempersiapkan penerbitan Komodo Bond atau penerbitan surat utang internasional (global bond). Ketiga perusahaan tersebut yakni PT Jasa Marga (Persero), Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT PLN (Persero).

Komodo bond merupakan jenis surat utang korporasi yang diterbitkan di luar negeri berdenominasi rupiah. Dalam prosesnya perlu ada pemeringkat internasional atas utang yang diterbitkan. Namun dari tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, hanya Jasa Marga dan WIKA yang diupayakan terealisasi tahun ini.

“Bond Komodo yang ditawarkan, yang kita siapkan tiga yakni Jasa Marga, WIKA, dan PLN itu. Untuk tahun ini dua dulu, WIKA sama Jasa Marga. Untuk PLN tahun depan,” ujar Menteri BUMN, Rini Soemarno, di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Rini menjelaskan, proses penerbitan Komodo Bond melewati berbagai tahap. Jasa Marga terlebih dulu melakukannya awal bulan depan. “Karena harus internasional rating dan makan waktu sampai rating semua selesai. Pertengahan bulan depan, Jasa Marga duluan pekan pertama November,” terang dia.

Menurutnya, skema pendanaan perusahaan pelat merah akan lebih seperti ini ke depannya. Sebab, banyak investor berminat dengan global bond kita, namun ingin yang berdenominasi rupiah.

“Pola pembiayaan akan begitu karena bond di luar negeri dalam rupiah belum pernah dilakukan. Sebenarnya banyak investor luar ingin beli bond rupiah di lndonesia, ini coba kita gapai seperti China ada Dimsum Bond, kenapa Indonesia enggak bisa?” pungkasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.