Sabtu, 16 Oktober 21

Tiga OTT Indonesia Bakal Tandingi Facebook

Tiga OTT Indonesia Bakal Tandingi Facebook
* Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara beserta Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Jakarta, Obsessionews – Tiga aplikasi over-the-top (OTT) Qlue (qlue.co.id), Catfiz (catfiz.com), dan Sebangsa (sebangsa.com), merupakan karya anak bangsa Indonesia siap menggantikan posisi OTT asing seperti Facebook, Twitter dan Line. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mendukung penuh inovasi yang tengah berjalan ini.

“Masyarakat Indonesia termasuk yang paling aktif menggunakan produk digital. Fakta tersebut mestinya jadi pengingat kita agar jangan hanya menjadi pengguna OTT asing, tetapi juga mampu menciptakan OTT sendiri yang digunakan oleh dunia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudi di Gedung Telkomsel, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Syaratnya memiliki kunci yaitu kemudahan. “Orang akan cepat beralih dari OTT intenasional ke OTT nasional. Orang mau masuk dibuat mudah dulu,” jelasnya

Ketua ATSI Alexander Rusli mengatakan, ATSI telah berkomitmen memberikan dukungan kepada ketiganya agar lebih luas diterima oleh masyarakat Indonesia, bahkan secara global.

“Semua anggota asosiasi sudah sepakat untuk mendukung ketiganya karena sadar bahwa program ini merupakan bagian dari mengangkat citra bangsa sekaligus memotivasi masyarakat untuk mampu memanfaatkan kemajuan teknologi digital,” katanya.

Ketiga OTT telah berkomitmen kuat dan memiliki idealism untuk mengembangkan digital ditanah air. Sepeti Qlue, berplatform sejenis social media yang menawarkan manfaat berupa saluran komunikasi efektif antara masyarakat dengan pemerintah. Dinilai sangat pas untuk melengkapi program kota pintar (smart city). Qlue telah dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan jumlah pengguna mencapai sekitar 200 ribu user.

Sementara Semangsa.com berupa sosial media, namun berbasis komunitas. Ini telah dimanfaatkan sekitar 30 ribu pengguna.

Sedangkan Catfiz lebih sebagai sarana pengirim pesan yang juga memiliki fungsi untuk keperluan barang digital dan transaksi costumer to costumer ( c2c), serta telah mampu mengantarkan 450 juta pesan per hari. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.