Sabtu, 4 Desember 21

Tiga Nama Petinggi Polri Usulan Kompolnas Tak Dilirik Jokowi

Tiga Nama Petinggi Polri Usulan Kompolnas Tak Dilirik Jokowi

Jakarta, Obsessionnews – Sebelum memutuskan memilih Komjen (Pol) Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri, Presiden Jokowi terlebih dahulu menerima usulan tiga nama jenderal bintang tiga dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Ketiga pentinggi Polri itu yakni, Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso dan Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Dwi Prayitno.

Ketiga nama itu, termasuk Tito sudah masuk ke meja Presiden Jokowi. Namun hingga pada akhirnya, Tito-lah yang dipilih Presiden Jokowi untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun.

“Akhirnya, saya belum tahu tapi muncul yang beredar, bapak presiden sudah memilih satu nama, ya itu hak prerogatif presiden ya kita ikut saja,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sekaligus Wakil Ketua Kompolnas.

Sebelumnya Menko Polhukam, Luhut Binsar Panjaitan yang bertindak selaku Ketua Kompolnas telah menyampaikan tiga opsi terkait polemik jabatan Kapolri, kepada Presiden Jokowi.

“Kompolnas solid di bawah bapak ketua bapak Menko Polhukam. Selalu rapat, tadi jam 4 kami juga rapat, kemarin juga sudah rapat dengan Kompolnas,” ujar Tjahjo.

Opsi pertama, kata Tjahjo, Kompolnas memberi masukan seandainya Presiden Jokowi mau memperpanjang masa tugas Badrodin Haiti.

Opsi kedua, Kompolnas memberi pilihan kepada Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan tiga nama calon dari usulan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

Opsi ketiga, dari seluruh petinggi Polri bintang tiga Kompolnas menyampaikan masukan Tito sebagai salah satu calon. Walaupun Tito dari segi level dinilai belum memenuhi syarat.

“Dari sisi prestasi kalau sudah bintang tiga semua berprestasi. Hanya pada saat itu pembicaraannya ini masih junior. Tapi namanya bintang nggak ada senior, nggak ada junior.”

“Itu diserahkan sepenuhnya oleh bapak Menko Polhukam Ketua Kompolnas atas nama kita semua kepada bapak presiden,” tambah Tjahjo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.