Senin, 28 September 20

Tiga Materi Utama yang Dibahas dalam Mukernas IV Parmusi

Tiga Materi Utama yang Dibahas dalam Mukernas IV Parmusi
* Mukernas Parmusi IV.

Cibodas, Obsessionnews.com – Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) mengadakan Musyawarah Kerja Nasional IV di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Berat, Rabu (26/9/2018). Mukernas dihadiri 32 pengurus wilayah Parmusi seluruh Indonesia, sehingga dinyatakan quorum.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam mengatkan ada tiga materi utama dalam Mukernas Parmusi, yakni pertama, tentang Gerakan Desa Madani, kedua, Agenda Ekspedisi Dakwah Parmusi, dan ketiga, Organisasi dan Rekomendasi. Mukernas kali ini mengambil tema “Keislaman dalam Keindonesian”

Usamah mengatakan, Gerakan Desa Madani adalah program prioritas utama yang akan dijalankan Parmusi di masa kepemimpinannya. Hal ini sesuai dengan dengan hasil Muktamar Parmusi III di Batam pada 2015 lalu bahwa Parmusi berubah menjadi organisasi gerakan dakwah bukan politik.

“Gerakan dakwah tersebut fokus kepada empat hal, yaitu peningkatan iman dan takwa, ekonomi, sosial, dan pendidikan,” ujar Usamah, di Cibodas.

Gerakan Dakwah Parmusi melalui pembentukan Desa Madani menggunakan strategi Menata, Menyapa, Membela. Tahun 2018-2019 targetnya setiap provinsi, kabupaten/kota sudah memiliki satu pilot poject Desa Mardani terutama di kawasan daerah pedalaman, perbatasan, dan pulau-pulau terluar.

“Lalu tahun 2020 targetnya setiap kecamatan sudah memiliki satu pilot project Desa Madani. Dan tahun 2021-2024, Parmusi telah memiliki Desa Madani di 50%-70% di seluruh Indonesia,” terangnya.

Usamah mengatakan, dalam membangun Desa Madani harus terdapat empat aspek yang diprioritaskan, yakni pertama, meningkatkan iman dan takwa, kedua, membangun kemandirian ekonomi masyarakat, ketiga, menggerakan Parmusi Savehelp sebagai bentuk kepedulian atau pemberdayaan sosial dan aksi kemanusiaan Parmusi.

“Keempat Desa Madani harus bisa meningkatkan pendidikan dan pengetahuan warga,” jelasnya.

Adapun agenda ekspedisi dakwah Parmusi dalam konteks agenda ini tujuannya adalah untuk melihat, mendata dan mensupervisi kesiapan Desa Madani Parmusi agar empat agenda utama Desa Madani bisa terwujud. Ekspedisi diselenggarakan selama kurun waktu tahun dakwah 2019, dengan melihat kesiapan pengurus wikayah serta lokasi Desa Madani.

Sedangkan konsolidasi organisasi pengurus wilayah Parmusi harus bisa melakukan revitalisasi pengurus daerah yang pelaksanaannya sinergi dengan pembentukan minimal 5 dai tiap kecamatan. Dalam rangka mengoptimalkan program dakwah, pengurus wilayah Parmusi segera membentuk Lembaga Dakwah Parmusi baik tingkat wilayah ataupun daerah. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.