Senin, 3 Oktober 22

Breaking News
  • No items

Tiga Jemaah Haji Indonesia Wafat dalam Musibah Mina

Tiga Jemaah Haji Indonesia Wafat dalam Musibah Mina
* Pihak berwenang Arab Saudi mengatakan korban jiwa lebih dari 700 jemaah haji. (bbc.co.uk)

Mina – Tiga jemaah haji asal Indonesia dipastikan meninggal dunia dalam musibah berjejalan di Mina sampai pukul 16.00 waktu Arab Saudi, sementara seorang lagi sedang menderita cedera serius dan dirawat di Rumah Sakit Annur, Mekah.

Jalur perjalanan tempat terjadinya musibah, menurut Kasubag Informasi Haji Kementrian Agama, Affan Rangkuti, bukan yang biasanya digunakan oleh jemaah haji asal Indonesia.

“Itu harusnya bukan jalan kita. Posisi kita jalannya di sebelahnya. Itu dibatasi satu tembok besar yang bisa dibuka oleh askar,” jelasnya kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan.

Pihak berwenang Arab Saudi mengatakan sedikitnya 700 jemaah haji meninggal dunia karena berjejalan saat hendak melempar jumroh, Kamis (24/09) pagi, sementara 800 lebih cedera.

Banyak yang ingin melempar jumroh pada hari pertama, Kamis 24 September. (bbc.co.uk)
Banyak yang ingin melempar jumroh pada hari pertama, Kamis 24 September. (bbc.co.uk)

Hari Jumat, 24 September, prosesi melempar jumroh masih akan berlangsung dan pemerintah Indonesia sudah memberi pengarahan kepada jemaah haji asal Indonesia untuk memilih waktu yang tepat.

“Pada saat magrib, itulah waktu yag paling aman dan nyaman dalam melakukan pelontaran jumorh akobah,” tutur Rangkuti.

Hari Pertama Banyak Jamaah
Menurut Rangkuti pada hari pertama melempar jumroh, yang jatuh pada hari Kamis, banyak sekali yang ingin melakukannya dan pemerintah Arab Saudi sudah melakukan antisipasi yang cukup baik.

“Ada keyakinan dari jemaah-jemahah haji bahwa melontar pada waktu jawal adalah waktu yang terbaik. Saya kira pemerintah Asab Saudi sudah melakukan antisipasi.”
“Kalauh terjadi musibah yang seperti ini saya katakan ini unpredictable (tidak bisa diduga),” tambah Rangkuti.

 banyak jemaah haji asal Niger meninggal dunia. (bbc.co.uk)
banyak jemaah haji asal Niger meninggal dunia. (bbc.co.uk)

Sekitar dua juta umat Islam melakukan ibadah haji di Arab Saudi, yang tahun ini juga diwarnai dengan insiden jatuhnya derek di Mekkah yang menyebabkan 100 lebih jemaah tewas, termasuk 11 jemaah haji asal Indonesia.

Masih belum diumumkan rincian asal negara dari para korban jiwa dalam insiden di Mina, yang terjadi pada hari raya Idul Adha ini.

Seperti dilansir BBC, banyak jemaah haji dari Niger meninggal dunia. Pada 2006 lalu, juga terjadi musibah berdesak-desakan yang mengakibatkan jatuhnya korban 364 jiwa. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.