Kamis, 2 Desember 21

Sabtu Ada Gerhana Bulan Total Selama 3 Jam

Sabtu Ada Gerhana Bulan Total Selama 3 Jam

Bandung, Obsessionnews – Gerhana bulan bukan berarti ada ‘buta ijo memakan bulan’. Itu mitos yang harus ditinggalkan. Demikian ditegaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin, Jumat (3/4), terkait akan terjadinya Gerhana Bulan Total pada hari Sabtu 4 April 2015.

Menurut Thomas, gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi jika bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan sebab terhalangi oleh bumi.

Ia menjelaskan, gerhana bulan ada beberapa jenis, seperti untuk fenomena besok, yaitu gerhana bulan total. “Pada gerhana bulan total ini bulan akan tepat berada pada daerah umbra,” terangnya.

Sementara gerhana bulan sebagian tidak seluruh bagian bulan terhalangi dari matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra. “Sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan,” tandasnya.

gerhana-bulan-

Untuk gerhana bulan penumbra, jelas dia, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.  “Untuk gerhana bulan total besok akan terjadi sekitar 3 jam di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di beberapa wilayah belahan dunia, seperti Amerika dan Australia juga dapat dilihat,” paparnya.

Untuk wilayah Indonesia Barat, lanjut Thomas, gerhana akan terjadi pada pukul 17.16 – 20.45 Wib dan selisih 1 jam untuk waktu Indonesia tengah dan selisih 2 jam untuk waktu Indonesia Timur.

Dijelaskan pula, gerhana akan terjadi mulai kanan bawah bulan, puncak gerhana sendiri akan terjadi pukul 18.58-19.03 wib. Gerhana bulan akan berakhir pada pukul 21.03 WIB dengan ditandai lepasnya bayangan bumi dari piringan bulan sebelah kanan.

“Untuk wilayah Indonesia bagian Timur gerhana bulan akan berakhir pukul 24.03 WIT dan dimulai pukul 19.16 WIT,” tambahnya.

Ummat Islam dianjurkan untuk bertakbir, Tahmid dan Tahlil serta Istighfar diakhiri  Sholat Gerhana dan Khutbah. Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) bekerjasama dengan Mesjid Agung Trans Studio Mall/TSM Bandung, mengajak seluruh keluarga Umat Islam untuk berjamaah Sholat Gerhana yang diawali dengan Takbir dan diakhiri dengan Khutbah.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua GMI Hj. Rr. Ina Wiyandini. Ina yang akrab dipanggil Ina Cookies, sang pengusaha kue ini, mengajak seluruh umat Islam di Bandung dan Jawa Barat bersama-sama melantunkan doa dan juga beristighfar saat terjadi gerhana bulan besok tersebut, seperti halnya yang digelar di mesjid TSM.

“Mari kita mengajak seluruh keluarga untuk menghadirinya. Semoga Allah SWT ringankan langkah kita menggapai ridhoNya!” seru Ina.

shalat khusuf

Acara tersebut, menurutnya, digelar pada pukul  17.30 – 19.30 WIB menghadirkan Penceramah Prof. DR. KH. Miftah Farid. Pembukaan pukul 17.30-17.40 Tasmi QS. Al Qomar oleh santri PTQ Jus Koki Ikhwan dan Taujih. Pukul 17.40-17.80 Mengenal Sunnah Nabi SAW Saat Terjadi Gerhana oleh Ust. Suherman, S.Ag. Al Hafizh. Dilanjutkan 18.00-18.15 Shalat Maghrib berjamaah.

Kemudian, pukul 18.15-19.05 Takbir Berjamaah, 19.05-19.20 Sholat isya Berjamaah dilanjutkan sholat Gerhana Berjamaah dipimpin oleh KH. Miftah Faridl. 19.20-19.45 Khutbah Tentang Gerhana Sebagai Salah Satu Tanda Kebesaran Alloh SWT oleh KH. Miftah Faridl. 19.45-19.50 Penutupan.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin, Jumat (3/4) menyebutkan gerhana bulan total akan terjadi sekitar 3 jam di seluruh wilayah Indonesia. “Untuk wilayah Indonesia Barat gerhana akan dimulai pukul 17.16-20.45 WIB dan selisih 1 jam untuk waktu Indonesia tengah dan selisih 2 jam untuk waktu Indonesia Timur,” tegasnay.

Menurutnya, gerhana akan terjadi mulai kanan bawah bulan, puncak gerhana sendiri akan terjadi pukul 18.58-19.03 wib. Gerhana bulan akan berakhir pada pukul 21.03 Wib dengan ditandai lepasnya bayangan bumi dari piringan bulan sebelah kanan. “Untuk wilayah Indonesia bagian Timur gerhana bulan akan berakhir pukul 24.03 WIT dan dimulai pukuk 19.16 WIT,” jelasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.