Selasa, 14 Juli 20

Tiga Isu Penting yang Dibahas Dalam Pertemuan Dua Pimpinan Korea

Tiga Isu Penting yang Dibahas Dalam Pertemuan Dua Pimpinan Korea
* Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Panjumjom, Obsessionnews.com – Kedatangan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un disambut hangat oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Kedua tokoh ini bertemu melakukan diplomasi untuk membuka sejarah baru demi tercapainya perdamaian antar kedua negara.

Kim Jong Un bertemu Moon di Peace House atau Gedung Perdamaian di Panmunjom, Korea Selatan pada Jumat (27/4/2018). Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang mencapai wilayah Korea Selatan sejak Perang Korea berakhir.

Sambil tersenyum dan bergandengan tangan, keduanya mengawali sebuah babak baru bagi sejarah Korea. Masuk ke Gedung Perdamaian, Kim menandatangani buku tamu, dan menuliskan sesuatu. “Sejarah baru dimulai, sebuah tahun perdamaian di tonggak awal sejarah,” tulisnya.

Dilansir dari CNN, pertemuan Kim dan Moon akan berfokus pada tiga agenda utama, yaitu denuklirisasi di Semenanjung Korea, perdamaian, dan peningkatan hubungan bilateral.

Saat pembicaraan di meja oval dimulai, Kim mengatakan ingin menulis lembaran baru dalam hubungan Korea. Selain itu, dia mengungkapkan perasaannya ketika melewati garis perbatasan ternyata begitu mudah.

“Saat berjalan ke sini, saya pikir kenapa sulit mencapai wilayah ini? Ternyata garis pemisah tidak begitu tinggi untuk dilewati. Mudah sekali untuk melewati garis itu,” kata Kim kepada Moon, dan pejabat lainnya.

Moon memuji keputusan berani Kim untuk duduk bersama menggelar perundingan. “Selama tujuh dekade terakhir, kami tidak dapat berkomunikasi, jadi saya pikir kita bisa berbicara sepanjang hari ini”, kata Moon, menanggapi keinginan Kim. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.