Selasa, 14 Juli 20

Tiga Faktor Ini Bikin Elektabilitas Paslon Asyik Tertinggi di Pilkada Jabar

Tiga Faktor Ini Bikin Elektabilitas Paslon Asyik Tertinggi di Pilkada Jabar
* Paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (ASYIK) di Pilkada Serentak Jawa Barat (Jabar) 2018. (foto: sindonews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Kajian Politik Sosial (LKPS) melakukan survei elektabilitas 4 pasangan calon di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2018.

LKPS merilis hasil survei Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) memperoleh elektabilitas sebesar 28,81 persen, paslon Hasanuddin-Anton Charliyan (HASANAH) 4,1 persen, paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (ASYIK) 34,64 persen dan paslon Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (2DM) 29,77 persen. Sedangkan yang tidak memilih sebesar 2,68 persen.

Dari hasil survei tersebut, elektabilitas Paslon ASYIK memimpin di Pilgub Jabar. “Terlihat posisi elektabilitas paling tinggi ada pada paslon ASYIK,” ujar Direktur Eksekutif LKPS Tubagus Alvin dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (24/6/2018).

Menurut dia, terdapat tiga faktor utama membuat paslon ASYIK paling tinggi elektabilitasnya. Faktor pertama  ketegasan. “Paslon ASYIK memiliki ketegasan memimpin Jabar,” katanya.

Lalu faktor selanjutnya adalah menyoal limpahan suara dari pendukung Prabowo yang banyak di Jawa Barat “Hampir seluruh pendukung Prabowo di Jawa Barat turut mendukung ASYIK,” ungkap Alvin.

Faktor ketiga adalah mesin partai PKS yang tidak dapat dipungkiri banyak merauk suara diwilayah Jawa Barat.

Survei ini berlangsung 12 – 21 Juni 2018 dengan melibatkan 1.128 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive random sampling dengan margin of eror sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.