Kamis, 2 Desember 21

Tiga Dewa Kidal Pemakai Nomor 10 Barcelona

Tiga Dewa Kidal Pemakai Nomor 10 Barcelona
* Maradonna

Barcelona – Dari dahulu sampai sekarang, sudah tak terhitung berapa banyak pemain berkaki kiri yang sudah mewarnai sejarah sepak bola. Namun, dari semua, hanya beberapa yang mendapatkan status legenda. Para superstar itu tersebar di seantero dunia. Salah satu klub yang cukup identik dengan pemain-pemain kidal yang memiliki kemampuan kelas dewa adalah Barcelona.

Siapa saja dewa kidal yang pernah dan masih berseragam Barcelona? Mereka adalah Diego Maradonna, Rivaldo, dan Lionel Messi. Mereka sama-sama memakai nomor 10, nomor keramat.

Bicara tentang pemain kidal, pasti tak bisa lepas dari nama Diego Maradona. Pemain legendaris Argentina itu direkrut Barcelona dari Boca Juniors setelah Piala Dunia 1982 dengan rekor transfer £5 juta. Pada 1983 di bawah asuhan pelatih Cesar Luis Menotti, Barcelona dan Maradona memenangi Copa del Rey dengan mengalahkan Real Madrid, serta meraih gelar Supercopa de Espana dengan menekuk Athletic Bilbao di final.

Pada 26 Juni 1983, ketika Barcelona memenangi El Clasico di kandang sang rival Real Madrid, Maradona mencetak sebuah gol istimewa. Gol itu membuatnya jadi pemain Barcelona pertama sepanjang sejarah yang mendapatkan standing ovation di Santiago Bernabeu. Pemain Barcelona kedua yang mendapatkan penghormatan serupa adalah Ronaldinho pada November 2005.

Setelah dua musim (1982-1984) yang cukup sulit akibat sakit dan cedera serta pertentangan dengan para direktur klub, terutama Presiden Josep Lluis Nunez, Maradona dilego ke Napoli (lagi-lagi) dengan rekor transfer dunia waktu itu (£6,9 juta). Maradona meninggalkan Barcelona dengan 38 gol dalam 58 penampilan atas namanya.

Rivaldo
Rivaldo

Sementara itu Rivaldo memperkuat Barcelona periode 1997-2002 setelah ditransfer dari Deportivo La Coruna. Gelandang serang dan second striker asal Brasil ini dikenal memiliki speed, teknik, visi dan passing yang mumpuni. Selain itu, kaki kirinya juga istimewa.

Momen tak terlupakan Rivaldo dengan seragam Barcelona adalah ketika mengalahkan Valencia 3-2 di laga pemungkas La Liga 2000/01. Rivaldo mencetak salah satu hat-trick terbaik yang pernah ada.

Gol pertama Rivaldo dalam laga tersebut adalah free kick melengkung yang menjadi ciri khasnya. Gol kedua berupa tendangan jarak jauh setelah terlebih dahulu mengecoh pemain lawan dengan feint-nya. Gol ketiganya, gol penentu kemenangan Barcelona di menit 90, sangat spektakuler. Dia menjinakkan bola dengan dada, lalu menyelesaikannya dengan sebuah flying overhead kick sempurna dari ujung kotak penalti Valencia.

Gol ketiga itu dianggap sebagai salah satu gol terbaik dalam karier Rivaldo. Selama berseragam Barcelona, Rivaldo mengukir total 130 gol di semua ajang.

Lionel Messi
Lionel Messi

Penerus dinasti kejayaan Diego Maradona adalah Lionel Messi. Messi mengawali karier profesional bersama Barcelona pada tahun 2004. Sejak itu, La Pulga sudah meraih hampir segalanya.

Dengan kaki kiri magisnya, Messi menjelma jadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah Barcelona serta persepakbolaan dunia. Ketajamannya tak perlu diragukan.

Saat ini, dia merupakan top scorer sepanjang masa Barcelona. Dia juga memegang rekor gol terbanyak dalam sejarah La Liga dan bersaing dengan Cristiano Ronaldo sebagai pemain tertajam sepanjang perhelatan kompetisi elit Liga Champions Eropa.

Messi juga memegang rekor trofi FIFA Ballon d’Or terbanyak, yakni empat kali. Istimewanya, keempat trofi individu bergengsi itu dia raih secara beruntun di edisi 2009, 2010, 2011 dan 2012.

Bersama Barcelona, Messi telah memenangi La Liga, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Liga Champions, Piala Super Eropa serta Piala Dunia Antarklub FIFA. Yang kurang hanyalah trofi Piala Dunia bersama Argentina. (bola.net)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.