Sabtu, 20 April 24

‘Tiga Dara’ Akan Kembali Hadir di Bioskop

‘Tiga Dara’ Akan Kembali Hadir di Bioskop
* Film Tiga Dara yang pertama kali ditayangkan tahun 1956, akan kembali hadir di sejumlah bioskop pada Kamis (11/8/2016).

Jakarta, Obsessionnews.comTiga Dara, film legendaris Indonesia yang pertama kali ditayangkan tahun 1956, akan kembali hadir di sejumlah bioskop pada Kamis (11/8/2016). Film ini sudah berhasil direstorasi dengan kualitas gambar dan suara yang lebih tajam, bersih, dan jernih.

Film drama musikal yang disutradarai Bapak Perfilman Indonesia, Usmar Ismail, ini dibintangi  Chitra Dewi, Mieke Widjaja, dan Indriati Iskak. Tiga Dara mengisahkan tentang tiga saudara perempuan, yaitu Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya), dan Neni (Indriati Iskak). Sepeninggal ibu, mereka hidup bersama ayah, Sukandar (Hassan Sanusi), dan nenek mereka (Fifi Young) di Jakarta. Sang nenek tak henti-hentinya mencarikan jodoh untuk ketiga cucu perempuannya. Sampai suatu ketika mereka dilanda asmara pada saat yang sama.

Tiga Dara sangat sukses secara komersial dan ditayangkan selama delapan minggu berturut-turut di seluruh Indonesia, dan menjadikannya sebagai film Indonesia terlaris pada masanya. Musik-musik indah dan abadi pada film ini dibuat oleh komposer legendaris Saiful Bahri dengan lagu-lagu yang ditulis oleh Saiful Bahri sendiri, Oetjin Nurhasjim, dan Ismail Marzuki.

Inisiatif untuk melakukan penyelamatan Tiga Dara pertama kali dilakukan oleh pemerintah Belanda, melalui EYE Museum di Amsterdam pada tahun 2011. Tetapi, tertunda karena krisis ekonomi di Eropa saat itu. Setelah diskusi panjang, akhirnya proses restorasi pun dimulai di Laboratorium L’immagine Ritrovata, Bologna.

Bersamaan dengan pemutaran perdana untuk umum film hasil restorasi ini, akan diadakan juga sebuah konser besar musik untuk memperingati 60 tahun Tiga Dara. Konser ini digelar di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, dengan menampikan artis dan penyanyi yang terlibat pada pembuatan album aransemen uang lagu orisinil dari Tiga Dara, seperti Bonita, Aimee Saras, Aprilia Apsari, Indra Aziz, Monita Tahalea, dan Louise Deredia.

Tampil juga pada konser 60 Tahun Tiga Dara ini artis dan penyanyi film Ini Kisah Tiga Dara, seperti Tara Basro, Tatyana Akman, Reuben Elishama, ditambah dengan penampilan istimewa dari penyanyi legendaris Titiek Puspa.

Sementara film baru yang terinspirasi dari film tersebut, yakni Ini Kisah Tiga Dara yang disutradarai Nia Dinata, akan mulai dirilis serentak di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 1 September 2016. (@arif_rhakim)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.