Jumat, 24 September 21

Tidak Betul Jepang Cabut Investasi di Batam

Tidak Betul Jepang Cabut Investasi di Batam

Jakarta, Obsessionnews – Beberapa waktu lalu, sempat dikabarkan kalau banyak investor bersiap meninggalkan Batam. Namun, hal ini dibantah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKPM) Franky Sibarani yang berencana melakukan kunjungan ke salah satu wilayah di Kepulauan Riau tersebut pada Rabu (4/11).

Menurut Franky seperti dalam keterangan tertulisnya, pada kunjungan tersebut dia bakal menggelar dialog dengan sejumlah investor, Pemerintah Kota Batam, BP Batam, Apindo Batam, Himpunan Kawasan Industri, serta Asosiasi Galangan Kapal Batam. Selain itu, momen ini akan dimanfaatkan untuk melihat salah satu fasilitas investor yang sudah beroperasi sejak 25 tahun lalu.

Batam, memang punya makna strategis sebagai kawasan industri Karenanya, pemerintah daerah dan BP Batam berupaya ciptakan iklim investasi yang kondusif dengan tiga langkah yakni penyederhanaan perizinan, memfasilitasi investasi terhambat, juga peningkatan invetasi.

Sebelum Franky mengeluarkan pernyataan, investor Jepang sempat mengancam bakal hengkang sebab iklim investasi di Vietnam dianggap lebih menarik utamanya terkait upah tenaga kerja, perizinan tenaga kerja serta keamanan investasi.

Memang, pada periode Januari hingga September 2015, realisasi investasi Jepang menduduki peringkat ketiga dengan nilai mencapai 2,48 miliar dolar As. Jumlah proyek yang dikelola mencapai 1.315 unit usaha. Namun, nilai tersebut masih lebih besar dari Singapura yang berinvestasi sebanyak 3,5 miliar dolar AS dan Malaysia 2,9 miliar dolar AS.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.