Selasa, 7 Desember 21

Tiap Tahun LPDB-KUMKM Target Pengalihan Dana Bergulir Sebesar Rp 20 M

Tiap Tahun LPDB-KUMKM Target Pengalihan Dana Bergulir Sebesar Rp 20 M
* Direktur Keuangan LPDB-KUMKM Ahmad Nizar, di sela-sela Rapat Koordinasi Pengalihan dana bergulir di Bandar Lampung, Selasa (8/5/2018).

Bandar Lampung, Obsessionnews.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan pengalihan dana bergulir setiap tahun minimal Rp 20 miliar. Berdasarkan laporan keuangan LPDB-KUMKM tahun 2017 potensi dana yang masih harus dialihkan lebih kurang Rp 501 miliar. 

“Tahun ini kita akan update lagi, bersama Kemenkeu, BPK dan Kedeputian Kementerian Koperasi dan UKM, karena nilainya tentu saat ini tidak sama seperti ketika diberikan, tentu ada penyusutan atas nilai aset tersebut,” jelas Direktur Keuangan LPDB-KUMKM Ahmad Nizar, di sela-sela Rapat Koordinasi Pengalihan dana bergulir di Bandar Lampung, Selasa (8/5/2018).

Karena itu, LPDB-KUMKM akan intens melakukan sosialisasi mekanisme pengalihan dana bergulir di daerah, maupun kegiatan on the spot turun langsung ke lokasi tujuan. Sampai akhirnya mitra yang masih memiliki kewajiban pengalihan dapat melakukannyan hingga lunas.

“Kegiatan pengalihan akan terus kita lakukan baik melalui kegiatan sosialisasi seperti hari ini kita lakukan di Provinsi Lampung maupun kegiatan on the spot langsung ke lokasi tujuan. Kegiatan di Lampung saat ini adalah yang paling dekat dan sudah siap pengalihannya,” katanya.

Kementerian Koperasi dann UKM sejak tahun 2000-2007 mengucurkan pinjaman dana bergulir kepada pelaku KUMKM di Provinsi Lampung sebesar Rp 55,6 miliar. Sedangkan yang baru dialihkan ke rekening LPDB-KUMKM sebesar Rp 18 miliar atau 34%. Masih tersisa potensi pengalihan sebesar Rp 1,4 miliar. 

“Kegiatan ini kita akan lakukan terus, sampai mitra yang sudah mendapatkan pinjaman dari Kementerian Koperasi dan UKM bisa melunasinya,” tandasnya.

LPDB-KUMKM yang menjadi satuan kerja dari Kemenkop dan UKM itu sangat mengapresiasi koperasi yang sudah melunasi pinjaman dana bergulir ini. Bagi koperasi yang telah melunasi tersebut menurut Nizar, akan diberikan prioritas utama untuk mendapatkan fasilitas pinjaman LPDB berikutnya.

Meskipun diakui LPDB-KUMKM lebih selektif menyalurkan dana bergulir. Calon mitra harus memiliki nomor induk koperasi, penilaian kesehatan dan sertifikat manajerial. Selama memenuhi persyaratan maka LPDB-KUMKM akan memprosesnya. “Kita harapkan dana bergulir ini akan disalurkan secara baik, untuk kemajuan koperasi dan UMKM,” harapnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.