Rabu, 25 Mei 22

Tiap Minggu, Camat di Bandung Disuruh Menyapa Warga

Tiap Minggu, Camat di Bandung Disuruh Menyapa Warga
* Walikota bandung ridwan kamil sapa warga bluskan ke kampung-kampung di Bandung.

Bandung, Obsessionnews – Pemerintah Kota Bandung akan memprioritaskan kecamatan Batununggal dalam pembuatan sirkulasi air, menyusul Kecamatan tersebut sebagai kawasan langganan banjir dan berpenduduk paling banyak. Hal itu dikatakan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat sapa warga di Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Rabu (2/8).

Menurut Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, Kecamatan Batununggal memiliki karakter yang berbeda dengan Kecamatan lainnya, selain memliki jumlah penduduk yang sangat banyak juga memliki banyak aliran sungai.

“Batununggal ini istimewa dari semua Kecamatan, Batununggal lah yang penduduknya mencapai 139 ribu jiwa dan jumlah sungai yang melintasi  ada 18 sungai, jadi Kecamatan ini kita prioritaskan untuk sirkulasi air untuk penanganan banjir,” ujar Emil.

Walikota bandung ridwan kamil sapa warga bluskan ke kampung-kampung di Bandung
Walikota bandung ridwan kamil sapa warga bluskan ke kampung-kampung di Bandung

Emil mengatakan dari hasil kajian di lapangan, banjir terjadi karena rumitnya  persilangan 18 sungai yang melintasi persimpangan jalan dan pemukiman warga.

“Penyebab banjir daerah ini karena perlintasan tadi, perlintasan air ketemu jalan dimana dibawahnya tidak bisa terakses dan sering kali diperburuk oleh pipa-pipa raksasa yang melintang, sehingga  menimbulkan sampah yang tersendat,” katanya.

Akhir tahun 2015 Emil akan mengupayakan mengurai masalah air di Kecamatan Batununggal. “Fokusnya di daerah sini adalah masalah-masalah air,” tandasnya.

Walikota bandung ridwan kamil sapa warga bluskan ke kampung-kampung di Bandung
Walikota bandung ridwan kamil sapa warga bluskan ke kampung-kampung di Bandung

Emil menilai Kota  Bandung merupakan ‘Water Front” jumlah anak sungai mencapai 40 sungai, di masa kepemimpinannya secara perlahan akan  mengubah pola pikir masyarakat agar menghargai dan memelihara  sungai dengan cara menjadikan  sungai sebagai wajah depan pemikiman warga.

Khusus di daerah jalan Kebon Gedang Kota Bandung Emil berencana  melakukan penataan sekitar sungai dengan membangun wisata air, diperkirakan anggaran mencapai Rp3-4 miliar.

“Konsepnya seperti wisata air epicentrum  Jakarta, selain  penataan kawasan sungai juga diwacanakan  penataan sepanjang Jalur rel kereta api dan pengalihan arus  lalu lintas di bawah flyover Kiaracondong kota Bandung.

emil sapa warga kircon4-

Camat Diinstruksikan Sapa Warga
Pada program sapa warga kali ini, Emil  juga memerintahkan kepada para Camat menggelar program yang sama yaitu sapa warga.  “Hari ini saya sudah perintahkan para Camat menggelar program sapa warga, kalau Walikota seminggu sekali sapa warga di sejumlah Kecamatan, maka para Camat seminggu sekali ke Kelurahan-kelurahan, Lurah seminggu sekali ke tingkat RW begitupun seterusnya,” tandas Emil.

Menurut Emil jika program tersebut digelar maka akan terjadi  proses Observasi, diskusi dan silaturahmi, sehingga akan melahirkan solusi dan perubahan, sehingga perubahan di kota Bandung akan terjadi secara cepat.

Terkait Program satu RW satu taman bermain, Emil mengatakan Pemerintah Kota Bandung bertekad  membeli lahan-lahan kosong untuk dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).  “Saya mengarahkan pada Lurah dan Camat untuk segera mengajukan data-data yang nanti dijadikan asset atau lahan untuk dijadikan ruang terbuka hijau,” tandas Emil.

Khususnya dikawasan Binong Kiaracondong Kota Bandung Emil mengaku ada tanah seluas 7 ribu m2 dan sekitar 3 ribu m2 akan dibangun alun-alun Batununggal, 1000 m2 untuk kantor Kelurahan dan sisanya  untuk pasar. “Itu kita rencanakan tahun ini, tahun depan kita eksekusi termasuk pembebasan tanah,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.