Jumat, 24 September 21

Thailand pun Berhasrat Berantas Pencuri Ikan

Thailand pun Berhasrat Berantas Pencuri Ikan

Jakarta, Obsessionnews – Thailand rupanya juga berhasrat turut serta memberantas pencurian ikan. Ini, dibuktikan dengan kunjungan Menteri Pertanian negara tersebut ke kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hari ini, Jumat (4/12).

Ditemui wartawan usai pertemuan dengan Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Mentan Thailand Chatchai Sarikulya mengatakan, pemerintah Thailand juga serius memberantas pencurian ikan termasuk menggelar penyelidikan terhadap kapal-kapal asal negara tersebut yang beroperasi di wilayah Indonesia.

“Pemerintah di kementerian kita dengan terbuka membuka kerja sama dan investigasi dengan pemerintah Indonesia, dalam pengendalian aktivitas penangkapan ikan lokal tak resmi,” jelas Sarikulya kepada wartawan.

Dia menyebutkan, ilegal fishing adalah kejahatan yang cuma bisa diberantas dengan adanya kerjasama antar negara. Misalnya join yang dijalin antara Indonesia dan Thailand.

“Kita memahami dengan kuat pentingnya IUU fishing. Dan kita sekarang sudah berkolaborasi lebih dekat untuk kerja sama lebih serius untuk mengatasi problem ini untuk kita semua, dan secepat yang kita bisa lakukan,” sebut dia.

Sementara itu, Menteri Susi menyebutkan kalau pemerintah Thailand tak keberatan dengan hukum berupa penenggelaman kapal termasuk kapal-kapal asal Thailand sendiri.

“Kalau mereka (kapal Thailand) masih bandel, yang ketangkap ya ditenggelemin, seperti biasa. Kita kan mencoba menyelesaikan bersama, tapi kan bukan berarti yang curi nggak ditenggelamkan. Kapal yang akan pulang dari sini juga akan dia hukum di sana,” kata Susi.

Thailand Pun Berhasrat Tenggelamkan Kapal Maling
Pertemuan tertutup antara Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan Menteri Pertanian Thailand Chatchai Sarikulya di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), di Jakarta, Jumat (4/12), membahas penanganan pencurian ikan di dua negara tersebut.

Usai pertemuan yang berlangsung dua jam dan baru berakhir pukul 11.15 WIB, Susi bilang Thailand sudah sangat maju dan tegas dalam hal Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU).

Susi menjelaskan, kedua negara sepakat melakukan tindakan tegas secara bersama-sama. Salah satunya menenggelamkan kapal pencuri ikan tanpa proses peradilan sama sekali.

” Ya, sebuah apresiasi dimana kita sama-sama saling memahami bagaimana cara kita perangi IUU fishing,” jelas Susi.

Menurut Susi, Thailand juga tak kalah keras terhadap pengusaha-pengusaha nakal yang menangkap ikan secara ilegal.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.