Sabtu, 20 April 24

Thailand Pertahankan Piala AFF

Thailand Pertahankan Piala AFF
* Thailand menjuarai AFF 2016 setelah menaklukkan Indonesia dengan agregat 3-2 di Bangkok, Sabtu (17/12/2016). (Foto: Twitter: AFF Siuzuki Cup)

Jakarta, Obsessionnews.com– Indonesia sekali lagi harus mengakui keunggulan Thailand di final AFF 2016 pada Sabtu (17/12/2016) malam. Timnas Indonesia kalah melawan Thailand di final leg kedua dengan skor 0-2 di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). Sebelumnya Rabu (14/12) di final leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Thailand kalah 1-2. Dengan demikian Thailand secara agregat Thailand menang 3-2.

Bermain di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Thailand, Indonesia tertinggal lebih dulu pada menit ke-38 melalui sebuah kemelut didepan gawang Kurnia Meiga. Bola yang disapu Fachruddin justru membentur Chattong dan masuk dalam gawang.

20161217_194233
Nonton bareng final AFF 2016 di Pitara, Depok, Jawa Barat, Sabtu (17/12/2016).

Riedl memainkan pola 3-5-2, namun pertahanan timnas belum sempurna. Masih sering banyak salah umpan dan pengertian antar pemain.

Babak kedua, Indonesia masih terpesona dengan permainan Thailand. Bayu Pradana dan Deni hanya memperhatikan lawan tanpa berusaha merebut bola. Belum lagi Manahati yang terlambat panas.

Akhirnya sebuah serangan Thailand melalui Songkrasin yang mengumpan ke Chattong berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit 48.

Tertinggal 2 gol, timnas baru agak panas. Mulai ada pergerakan sayap melalui Rizky Pora dan Stefano Lilipaly.

Pelatih Alfred Riedl memutuskan agar timnas makin menyerang. Ia mengganti Zulham Zamrun dan Rizky Pora dengan Lerby Eliandri dan Ferdinand Sinaga. Serangan kita berhasil sampai kotak penalti Thailand, tapi kesalahan sama kembali terulang, terburu-buru dan salah umpan dan salah membaca pergerakan rekannya.

Sementara Thailand beberapa kali membahayakan gawang kita. Untung Meiga berada dalam form terbaik.

Tuan rumah nyaris membuat gol ketiga. Chattong yang lepas dari pengawalan mencoba menipu Meiga namun dijatuhkan oleh kiper jangkung itu.
Penalti diberikan pada menit 80, tapi Teerasil Dangda gagal menambah gol. Meiga bisa menghalau dengan badannya.

Timnas mulai semangat, namun mereka tak taktis didepan gawang lawan. Frustasi yang melanda, bek Abduh Lestaluhu kesal dan menendang bola pada pemain cadangan Thailand. Dia pun dikartu merah wasit.

Akhirnya Thailand berhasil mempertahankan Piala AFF. Indonesia kembali gigit jari, dan harus menunggu dua tahun lagi. @baronpskd

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.