Sabtu, 28 Mei 22

Thailand Gunduli Indonesia 4-0 Memalukan, Iwan Bule Diserang Netizen

Thailand Gunduli Indonesia 4-0 Memalukan, Iwan Bule Diserang Netizen
* Komjen Polisi (Purn) Iriawan alias Iwan Bule. (Foto: Goal.com)

Akibat Thailand mencukur gundul 4-0 Timnas Indonesia  sangat memalukan,  ketua umum PSSI Komjen Polisi Iriawan yang biasa disebut Iwan Bule diserang netizen.

Bahkan, peretas menumpahkan kekesalannya dengan mencoret gambar mantan Kapolda Jaya tersebut dengan tanda silang berwarna hitam di situs PSSI.

Tampaknya, kekalahan telak 4-0 yang diperoleh timnas Indonesia dari Thailand dalam pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion National, Rabu (29/12/2021) malam WIB, mengundang kekecewaan publik sepakbola tanah air.

Beberapa saat setelah kekalahan tersebut, salah satu artikel di laman PSSI menjadi sasaran hacker. Artikel yang diretas itu berjudul ‘Ayo…Tetap Semangat di Laga Kedua’ yang berisikan tentang pertandingan Indonesia melawan Thailand.

Dalam tampilan berlatar belakang hitam, peretas itu menyebut dirinya sebagai Anon7. Sasaran mereka tertuju kepada ketua umum PSSI Iriawan, mengingat dalam artikel yang diretas tersebut memperlihatkan gambar orang nomor satu di organisasi sepakbola nasional ini bersama penggawa timnas.

Foto Iwan Bule yang lebih besar dibandingkan pemain dicoret dengan tanda silang berwarna hitam. Peretas juga menyertakan lagu ‘Garuda Di Dadaku’ karya kelompok musik Netral.

“Indonesia mainnya bapuk apa karena ketum PSSI masuk kamar ganti pemain? Yok Indonesia bisa yok, masih ada leg 2, semangat!” demikian tulisan dalam artikel tersebut.

Sebelumnya, banner ‘Final Kami Datang’ akun Twitter Iriawan mengundang sorotan dari publik sepakbola nasional. Mereka mengecam Iriawan yang memperlihatkan foto dirinya lebih besar dibandingkan para pemain. Hal ini dinilai tidak pantas dan bernuansa politik.

Selain itu, keinginan ingin masuk ke kamar ganti pemain dalam pertandingan leg kedua pada 1 Januari 2022 yang muncul di kanal YouTube resmi Iriawan juga mendapat kecaman.

Kekalahan telak dari Thailand membuat upaya Indonesia menjuarai Piala AFF 2020 menjadi berat. Sebab, skuad Garuda harus meraih kemenangan dengan selisih lima gol untuk mewujudkan ambisi itu.

Bagi Thailand, kemenangan telak membuat mereka berada di atas angin untuk mengangkat trofi Piala AFF keenam kalinya. Mereka akan menjauhi Singapura yang sudah empat kali menjadi juara.

Di lain sisi, skor 4-0 menjadi kekalahan terbesar dalam satu pertandingan final Piala AFF sejak pertama kali digelar pada 1996. Sebelumnya, kekalahan terbesar terjadi dalam laga final 2000. Kala itu, Indonesia dipermak Thailand dengan skor 4-1.

Memalukan, Media Thailand Soroti Kisruh Foto Iwan Bule di Poster Timnas Indonesia 

Kisruh antara suporter Timnas Indonesia dengan Ketua Umum PSSI Iriawan alias Iwan Bule terendus sampai ke Thailand. Media Thailand, Siam Sport, menyoroti drama tersebut jelang leg 1 final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

Drama yang melibatkan suporter Timnas Indonesia dengan Mochamad Iriawan terjadi pada Selasa (28/12/2021). Semua bermula dari munculnya foto besar sang Ketua Umum PSSI di antara para pemain Timnas Indonesia.

Dalam poster final Piala AFF 2020, ukuran gambar Iwan Bule terasa kontras dibandingkan dengan pemain Timnas Indonesia. Kegeraman suporter Timnas Indonesia bertambah karena tak ada foto dari pelatih Shin Tae-yong.

“Suporter sepak bola Indonesia juga tidak setuju dengan poster promosi final Piala AFF yang dibuat oleh Ketua Umum PSSI, Iriawan,” tulis Siam Sport.

“Masyarakat media sosial mempertanyakan kepada tidak ada gambar pelatih Shin Tae-yong. Mengapa ada foto besar dari Iriawan yang besar di antara para pemain? Mayoritas penggemar menyebut penghargaan besar seharusnya diberikan kepada pelatih yang telah bekerja keras,” tulis mereka.

Bukan warganet Indonesia bila tak kreatif. Masyarakat kemudian mengubah poster promosi final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia melawan Thailand dengan berbagai cara mulai menghapus foto Iwan Bule, mengganti dengan foto Shin Tae-yong, dan beragam meme lainnya.

Selain masalah poster, keinginan Iwan bule untuk masuk ruang ganti Timnas Indonesia saat final Piala AFF 2020 juga memancing reaksi dari suporter. Rencana itu juga terendus sampai ke Thailand.

Siam Sport mengutip sejumlah keluh kesah suporter Timnas Indonesia di dunia maya. Mayorias dari mereka tak setuju dengan rencana Iwan bule yang berpotensi mengganggu konsentrasi para pemain.

“Sedikit drama muncul setelah Ketua Umum PSSI berencana mendukung secara langsung Timnas Indonesia di Singapura. Dia akan berncana mendukung pemain di ruang ganti,” tulis mereka.

“Banyak penggemar sepak bola Indonesia tidak setuju. Mereka ingin parapemain berkonsentrasi penuh pada sisa misi di turnamen ini,” ucap mereka. (Goal.com/Bola/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.