Rabu, 25 Mei 22

Texas Bebaskan Bawa Senjata di Kampus

Texas Bebaskan Bawa Senjata di Kampus

Texas – Negara Bagian Texas, Amerika Serikat meloloskan sebuah undang-undang yang mengizinkan para mahasiswa untuk membawa senjata di kampus.

Peraturan yang disebut “Campus Carry” ini memperbolehkan individu yang berusia 21 tahun ke atas dan sudah mengantongi lisensi, untuk membawa senjata ke dalam kelas dan lingkungan universitas-universitas di Texas.

Campus Carry mulai diterapkan pada hari Senin (1/8/2016) di Negara Bagian Texas. Membawa senjata di lingkungan kampus dibebaskan, sementara perguruan tinggi, mereka memiliki waktu sampai Agustus 2017 untuk memungkinkan pelaksanaan peraturan tersebut.

Texas kini menjadi satu dari delapan negara bagian AS yang memungkinkan mahasiswanya membawa senjata ke kampus. Negara bagian AS lainnya yang menerapkan Campus Carry adalah Colorado, Idaho, Kansas, Mississippi, Oregon, Utah, dan Wisconsin.

Lebih dari 214 ribu mahasiswa sedang mengikuti studi di universitas-universitas Texas. Para pendukung Campus Carry percaya bahwa peraturan ini bisa mencegah aksi penembakan massal di lingkungan kampus, namun para penentangnya yakin aturan tersebut justru akan membahayakan lingkungan universitas.

Campus Carry diberlakukan bertepatan dengan peringatan 50 tahun insiden penembakan paling mematikan di AS. Pada Agustus 1966, mantan anggota marinir AS, Charles Whitman melakukan penembakan massal di Universitas Texas, Austin. Insiden ini menewaskan 16 orang.

Gubernur Texas Greg Abbott mendukung udang-undang ini dan mengklaim bahwa Campus Carry hanya mengizinkan orang-orang yang telah mendapat pelatihan khusus untuk membawa senjata.

Para dosen di Universitas Texas menentang aturan itu dan menegaskan bahwa membawa senjata akan membahayakan keamanan kampus dan mahasiswa. Tiga dosen di Texas pada Juli lalu berjuang untuk mencegah lolosnya Campus Carry dan menegaskan aturan itu akan membawa dampak buruk bagi keamanan lingkungan kampus.

Campus Carry memberi kebebasan kepada universitas-universitas swasta dan mereka sendiri menyebut peraturan tersebut bertentangan dengan upaya menjaga keamanan mahasiswa.

Kebebasan membawa senjata di AS telah menciptakan banyak petaka dan pembantaian massal. Setiap tahun, ribuan orang tewas atau terluka akibat aksi penembakan brutal di berbagai wilayah AS.

Upaya Presiden Barack Obama untuk membatasi kepemilikan senjata mendapat penentangan dari Kongres. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.