Selasa, 23 April 19

Tetap Independen, Zulkifli Hasan Minta Wartawan Tak Golput

Tetap Independen, Zulkifli Hasan Minta Wartawan Tak Golput
* Ketua MPR Zulkifli Hasan di acara pres gathering wartawan parlemen. (Foto: Humas MPR)

Lampung, Obsessionnews.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai gap media mendekati pemilu tak jauh berbeda dengan Pilpes 2014 lalu. Hampir semua media terlihat ada tanda-tanda condong ke salah satu pasangan calon. Hal ini yang terkadang membuat media tak lagi sepenuhnya bisa independen.

“Polanya hampir sama dengan tahun 2014 lalu, ada yang kelihatan condong ke sana ada juga ke sebelah,” ujar Zul saat acara Gathering wartawan parlemen di Lampung, Jumat (22/3/2019).

Karena arus pemberitaan pilpres yang begitu keras, Ketua Umum PAN itu mengaku kini tak lagi membaca koran ataupun menonton TV. Menurutnya, ada ketidakpercayaan yang dirasakan masyarakat terhadap sejumlah media nasional karena arus pemberitaan yang dianggap tak berimbang. Sehingga banyak masyarakat lari ke media sosial.

“Medsos kemudian jadi media alternatif yang dipilih masyarakat,” jelasnya

Kepada wartawan, Zul minta agar tetap bisa berimbang dalam menyuarakan aspirasi publik. Sebab media harus menjadi pilar utama demokrasi. Zul juga meminta wartawan tidak golput dalam Pilpres mendatang. “Yang penting hak politik kalian dalam memilih tidak menjadi alasan tidak berimbang dalam menulis,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Zul juga berharap wartawan tidak ikut membuat berita yang sifatnya provokatif karena hanya akan menambah keruh di masyarakat. Ia melihat situasi Indonesia akan berada dalam bahaya jika kedua kubu sama-sama merasa menang. Dan mereka yang kalah tidak mau menerima.

“Kalau sekarang sampai 17 April mungkin tidak terlalu bahaya. Tapi setelah itu bagaimana kalau keduanya merasa sama-sama menang. Ini yang bahaya. Kalau rusuh kita bisa jadi bangsa yang mundur. Karena itu saya minta semua untuk tetap menjaga kondisifitas,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.