Senin, 20 September 21

Terungkap Siapa Pencetus Gantung Anas di Monas

Terungkap Siapa Pencetus Gantung Anas di Monas

Jakarta – Saksi Yanto Sutrisno saat bersaksi dalam persidangan lanjutan kasus Hambalang di Pengadilan Tipikor Jakarta mengungkapkan bahwa bosnya Mahfud Suroso yang menyarankan supaya Anas Urbaningrum mengeluarkaan pernyataan siap gantung di Monas jika terbukti korupsi dana proyek Hambalang.

“Iya betul,” ucap Yanto saat ditanya Jaksa KPK, apakah Mahfud Suroso pernah bercerita mengajarkan kepada Anas ucapan “Jika saya korupsi satu rupiah dari Hambalang, saya siap digantung di Monas.”

Yanto Sutrisno merupakan sopir pribadi Mahfud Suroso. Sementara Mahfud merupakan Direktur PT. Dutasari Citralas, perusahaan subkontraktor dalam proyek Pembangunan Lanjutan Pusat Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang.

Yanto mengatakan Mahfud bercerita telah mengajari Anas saat Anas belum ditahan KPK dan ditetapkan sebagai tersangka. Yanto diceritakan hal itu saat mengendarai mobil mengantar sang bos ke rumah Anas. “Di mobil, waktu jalan ke rumah pak Anas,” tutur Yanto.

Mahfud pernah menjelaskan tidak memiliki hubungan spesial dengan Anas. Mahfud mengatakan hubungan terjalin, hingga kerap sering bertamu ke rumah Anas karena dirinya bersama istri Anas, Athiyyah Laila sama-sama kiai NU.

Sebelumnya, Anas pada Maret 2012 pernah mengatakan, “Saya yakin. Yakin. Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas.” Anas kala itu membantah tudingan terkait kasus dugaan korupsi proyek olahraga Hambalang di Bogor.

Anas saat itu juga meminta KPK tidak perlu repot mengurusi kasus Hambalang itu karena kasus itu hanya isu yang beredar di publik dari mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. (Has)

 

Related posts