Kamis, 6 Agustus 20

Terungkap! Ini Nama Petinggi Polri yang Beri Surat Jalan ke Djoko Tjandra

Terungkap! Ini Nama Petinggi Polri yang Beri Surat Jalan ke Djoko Tjandra
* Surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra. (Foto: detik)

Jakarta, Obsessionnews.com — Polri membentuk tim menyelidiki surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra. Dari temuan sementara, rupanya ada pejabat Bareskrim yang mengakui memberikan surat jalan kepada Djoko Tjandra.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, surat jalan itu diberikan oleh Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Korwas) PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo. Prasetyo memberikan surat itu tanpa izin atasannya.

“Jadi dalam pemberian surat jalan tersebut bahwa Kepala Biro tersebut inisiatif sendiri ya dan tidak izin sama pimpinan ya,” kata Argo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Kini, anggota tersebut sedang dilakukan pemeriksaan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri yang ditargetkan sore ini pemeriksaan akan selesai.

“Jadi membuat sendiri dan kemudian sekarang proses pemeriksaan Div Propam, jadi hari ini sedang diperiksa, sore ini selesai pemeriksaan, terbukti akan dicopot dari jabatannya ya,” tegasnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, seluruh anggota Polri yang terlibat dalam pemberian surat jalan tersebut sedang diperiksa. Namun, ia belum bisa menjelaskan secara rinci berapa jumlah personel yang memeriksa.

“Jadi semuanya proses ini sedang berjalan, Propam sedang bekerja, semua anggota yang ada kaitannya dengan surat-surat tersebut akan diperiksa semuanya. Kita tunggu pemeriksaan daripada Div Propam Mabes Polri, sedang bekerja hari ini,” jelasnya.

Dengan adanya kasus ini, ia ingin bisa dijadikan pembelajaran terhadap anggota Polri lainnya.

“Jadi komitmen Bapak Kapolri jelas, dan menjadi bagian pembelajaran bagi personel Polri yang lain di sana. Jadi kita ingin menegakkan aturan, kemudian kita komitmen, sesuai dengan Bapak Kapolri nyatakan kepada seluruh anggota kepolisian, baik dari tingkat Mabes Polri sampai ke jajaran, semua ada reward dan punishment,” ungkapnya.

Surat jalan untuk buronan Djoko Tjandra ini pertama kali diungkap Indonesia Police Watch (IPW). Akibat surat jalan itu, Djoko Tjandra bebas tidak terdeteksi keluar masuk Indonesia. Padahal, dia merupakan buronan Kejaksaan Agung.

Tampak dari foto surat jalan yang didapat dari Indonesia Police Watch (IPW), surat itu berkop Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri. Tampak surat itu bernomor SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020.

Dalam surat jalan tersebut Djoko Tjandra disebutkan berangkat ke Pontianak, Kalimantan Barat pada 19 Juni dan kembali pada 22 Juni 2020. Tertulis Djoko Tjandra sebagai konsultan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.