Selasa, 30 November 21

Tertangkap Gelembungkan Keuntungan, Presiden Toshiba Mundur

Tertangkap Gelembungkan Keuntungan, Presiden Toshiba Mundur

Jakarta, Obsessionnews – Tak tanggung-tanggung, Presiden dan Wakilnya yang memimpin Toshiba, undur diri. Sebabnya, lantaran perusahaan asal Jepang tersebut menggelembungkan keuntungan selama enam tahun terakhir.

Hisao Tanaka yang menjadi Presiden Toshiba antara Juni 2009 – 2013, dituding membesar-besarkan keuntungan sebesar 1,22 milyar dollar Amerika Serikat atau tiga kali lebih besar dari perkiraan awal. Hal tersebut, setelah panel independen yang ditunjuk perusahaan tersebut menemukan fakta kemudian mengumumkannya pada Senin (20/7) lalu.

Pasca penemuan tersebut, bukan hanya Tanaka yang mundur. Norio Sasaki, wakilnya pun demikian. Posisi kosong Presiden bakal diisi Kepala Toshiba Masashi Muromachi.

“Terungkap bahwa ada perhitungan yang tidak tepat dalam waktu yang lama dan kami meminta maaf secara mendalam atas masalah serius ini kepada pemegang saham dan pemangku kepentingan lain,” jelas pernyataan Toshiba.

Setelah pihak pengawas surat berharga menemukan kejanggalan saat memeriksa neraca perusahaan awal tahun ini, membuat Toshiba kudu mendata ulang keuntungan periode April 2008 hingga Maret 2014. Namun, belum bisa dipastikan apakah hal tersebut akan berpengaruh terhadap pendapatan tahun 2015 ini.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.