Sabtu, 25 September 21

Tersangka Baru Muncul Dalam Kasus Semarang Pesona Asia

Tersangka Baru Muncul Dalam Kasus Semarang Pesona Asia

Semarang, Obsessionnews – Kasus Dana Bansos Pemprov Jateng 2011 kembali menuai babak baru. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng berhasil menambah satu orang tersangka berinisial AS sebagai salah satu aktor kunci kasus yang menyeret berbagai LSM dan aktivis tersebut.

Kepala Kejati Jateng, Hartadi membeberkan sedikit informasi terkait sosok AS tersebut. “AS ini adalah mantan Karo Keuangan pada saat itu. Mungkin beberapa sudah ada yang tahu,” terangnya di dampingi Aspidsus, Imam Job dan Kabid Penkum, Eko Suwarni, Rabu (24/6/2015).

Peran AS terbilang cukup krusial. Karena seluruh pengajuan proposal tidak dapat cair kecuali mendapat nota dinas darinya. AS sendiri telah diperiksa sebanyak 4 kali dan saat ini sudah dinaikkan statusnya menjadi tersangka.

Menurut Hartadi, penyelewengan dana APBD ini menggunakan dua jalur yakni khusus dan umum. Jalur khusus yang dimaksud adalah dengan merubah Pergub No. 6 Tahun 2011 menjadi Pergub No. 12 Tahun 2011.

“Sedangkan jalur umum ya tadi itu. Pengajuan proposal-proposal. Mereka mengajukan proposal berbagai nama LSM tapi hanya memiliki satu rekening,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, AS mengeluarkan nota dinas padahal Pergub No 12 Tahun 2011 belum berlaku. Nota dinas tersebut kemudian diajukan kepada Kepala Biro Dinsos untuk dicairkan.

Seperti diketahui, hasil audit menyatakan sebanyak Rp 600 juta dari total Rp 2,6 miliar dana bansos tidak dapat dipertanggungjawabkan. Para pelaku memanfaatkan celah pada Pergub dengan memberikan dana bansos kepada LSM fiktif. Sebelumnya, beberapa pelaku telah ditahan pihak Kejaksaan termasuk aktivis yang disinyalir membuat LSM palsu. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.