Minggu, 19 September 21

Terobosan Palembangnovela dan Sungai Industri Film Jadi Trend Baru Drama Lokal Mendunia

Terobosan Palembangnovela dan Sungai Industri Film Jadi Trend Baru Drama Lokal Mendunia
* Palembangnovela dan The Musi-World Film River Studio, telah memproduksi beberapa judul serial Palembangnovela berbasis platform, yakni The Liems Family in The Old River House dan The River Angels. (Foto: Ist)

Jakarta, obsessionnews.com – Dalam rangka pengembangan sungai industri film, melalui trend baru drama lokal mendunia Palembangnovela dan The Musi-World Film River Studio, telah memproduksi beberapa judul serial Palembangnovela berbasis platform, yakni The Liems Family in The Old River House dan The River Angels.

Film tersebut mengangkat warisan budaya pesisir sungai seperti the Liems Family in The Old River House yang disutradarai Yusuf Jacka Ardana di mana mengangkat kisah rumah sungai dua dimensinya dengan lokasi rumah asli berumur empat abad di pesisir sungai Musi yakni Baba Boentjit dan Kampung Kapitan.

Di mana produksi yang diinisiasi adalah format serial dalam rangka industri film lokal terbarukan yang memiliki sustainability ecosystem, selain pas dengan dunia platform digital dan season selanjutnya dari season pertama yang sedang dilakukan dapat ditawarkan menjadi zona masing-masing platform besar berproduksi di sungai industri film ke depannya.

Saat ini pun sebagai langkah cita-cita sungai industri film yang mendunia telah melakukan international co-production meskipun karena situasi pandemi masih bersifat jarak jauh seperti pre-production dan post production bersama (Pan Media Bahrain dan Dom Media Rusia), keterlibatan Talenta internasional Baliwood (Julian, Carla, Raisa, Sekar, Laya) sebagai bintang tamu, hingga Co-Action Director dunia (Andrew Dasz).

“Sehingga menjadi langkah awal membangun kolaborasi industri film berbasis pemberdayaan studio sungai yang mendunia,” ujar seorang Founder Palembangnovela dan juga Baliwood Integration Nusantara R. Arvin I Miracelova dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/8/2021).

Sementara itu, Co- Founder Palembangnovela Yudi Suhairi mengungkapkan, terkait pengembangan industri film daerah yang mendunia, ekosistem lokal pun diinisiasi tidak saja melalui keterlibatan talenta lokal dan co-production lokal, namun juga ekosistem pemberdayaan lainnya.

“Antara lain adanya Sanggar Film Palembangnovela dan TVOD online mandiri www.palembangnovelacitytv.online,” ucapnya.

Dalam serial yang telah diproduksi pun sudah menerapkan, antara lain silicon sfx makeup film yang disupervisi langsung oleh pelaku bidangnya berstandar Hollywood kepada SDM setempat.

“Agar industri lokal tumbuh berkembang kompetensinya,” ujar Indah Miracelova, Co-Founder Palembangnovela dan disepakati oleh Kepala Sekolah SMK 6 Palembang Zulfikri, bersama I Wayan Sutama, Co Founder Baliwood International Film College.

Amelia Carolina menambahkan, sanggar Film Palembangnovela yang belum lama ini diresmikan oleh Kadispar Kota Palembang, Isnaini Madani bersama Sekdin Sodikin juga mulai mewadahi para talenta lokal.

Serial Palembangnovela yang terus berproduksi pun telah melibatkan banyak potensi bintang lokal seperti Imela Guswindari , Kelvin Saputra, Bian Dj Kids, Fitriana Kusuma Dewi, Alm.Yudi Relawan, Mega Selly, Bunda Vie, Ardy Dq, Alberto,Amirah Salsabila, Chiara Afta, Venny Anggela, Diki Kurniadi, Obee.

Pengurus teras Perkumpulan Penggerak Sungai Industri Film Dunia Ferdian Tiranda mengungkapkan, keterlibatan seluruh stakeholder pentahelix di Sumsel diharapkan dapat mengakselerasi misi dunia sungai industri film lewat Palembangnovela dengan The Musi-World Film River Studionya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.