Kamis, 8 Desember 22

Ternyata, Kayu Manis Bisa ‘Bunuh’ Kencing Manis

Ternyata, Kayu Manis Bisa ‘Bunuh’ Kencing Manis
* Kayu manis.

Nampaknya, rasa manis seperti gula dan sejenisnya tidak serta merta menyebabkan penyakit kencing manis (diabetes) atau meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Ternyata, kayu manis justeru bisa mengobati/menyembuhkan penderita kencing manis.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2.
Mengonsumsi hingga 6 gram (g) kayu manis sehari bisa menurunkan glukosa serum, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total pada 60 orang dengan diabetes tipe 2.

Para peneliti menyarankan bahwa jika orang dengan diabetes tipe 2 memasukkan kayu manis ke dalam makanan mereka, maka dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Meski begitu, para peneliti masih meneliti lebih lanjut seputar manfaat kayu manis untuk mengendalikan gula darah.

Bagaimana Kayu Manis Dapat Mengelola Diabetes?

Kayu manis bisa merangsang sel untuk konsumsi glukosa. Mengonsumsi kayu manis meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu dalam pemrosesan glukosa. Kayu manis mengandung beberapa senyawa anti-diabetes yang membantu menurunkan laju di mana glukosa memasuki tubuh kita. Kayu manis membantu dalam menjaga tingkat gula darah puasa pada orang yang menderita diabetes tipe-2. Kayu manis meningkatkan sistem pencernaan, yang secara langsung terkait dengan masalah diabetes. Saluran pencernaan yang sehat akan memproses, mencerna gula, dan membuang kelebihan gula untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali.

Lalu, bagaimana cara menggu akan kayu manis untuk merasakan manfaatnya?

1. Minumlah Air Kayu Manis

Cara terbaik untuk mengkonsumsi kayu manis untuk diabetes adalah dengan minum airnya. Rendam sepotong kayu 2 inci atau kulit kayu manis dalam segelas air. Biarkan semalaman dan minum pagi hari dengan perut kosong.

2. Ganti Gula dengan Kayu Manis

Kayu manis, dengan rasa yang ringan, dapat digunakan sebagai pemanis alami. Sehingga bisa dijadikqn sebagai alternatif gula yang sehat untuk semua jenis makanan penutup seperti kue dan pai.

3. Minum Teh Kayu Manis Atau Kopi

Buat teh yang dibumbui dengan sedikit bubuk kayu manis atau tambahkan ke kopi. Rasa kayu manis yang unik, ditambah berbagai khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan akan meningkatkan rasa yang lebih nikmat.

4. Tambahkan Kayu Manis ke Oatmeal

Rebus oatmeal dengan taburan bubuk kayu manis. Anda juga dapat menambahkan madu. Kayu manis akan membuat semangkok buah dan sereal terasa enak.

5. Tambahkan Pada Kari

Tumis kayu manis dengan bumbu kering lainnya seperti cengkeh dan merica untuk membuat kari tanpa santan.

Atau kalau mau langsung diminum air rebusan kayu manis, begini caranya:

1. Sediakan 3-4 batang kayu manis kering (perbatang sebesar telunjuk).

2. Air putih biasa 1 liter (dapat dijadikan 2,5 gelas)

3. Kayu Manis direbus dengan air biasa sampai mendidih dan mengeluarkan warna merah, kecilkan apinya, rebus lagi agak lama agar lebih merah airnya.

4. Angkat dan tuangkan dalam gelas minum hangat-hangat. Tidak perlu tambahan apa-apa.

5. Rebusan dapat diulang dan ditambahkan air dengan menambahkan kayu manis 1 batang saja.

Bau awal rebusannya agak kuat tapi wangi, rasanya seperti teh tawar.

Konsumsi 2 X sehari (bangun tidur dan mau tidur) utk penderita yg agak tinggi.

Bila sudah turun, untuk tetap mempertahankan / stabilisasi, cukup 1 gelas saat mau tidur (malam).

10 Manfaat kayu manis yang menakjubkan:
Manfaat kayu manis untuk kesehatan sangat menakjubkan, karena kayu manis tidak hanya berpotensi untuk mengatasi kanker, tetapi juga dapat membantu mengatasi gejala akibat multiple sclerosis. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis yang tidak boleh dilewatkan:

1. Mengatasi penyakit diabetes
Manfaat kayu manis yang diketahui oleh masyarakat umum biasanya adalah khasiat kayu manis dalam menurunkan kadar gula darah.Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan jumlah glukosa atau gula yang masuk ke dalam darah setelah makan dengan memperlambat proses dicerna karbohidrat.Kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan menyerupai insulin untuk meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel tubuh. Sebaiknya konsumsi kayu manis sebanyak 0,5 sampai dua sendok teh atau 1-6 gram per harinya.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Manfaat kayu manis dalam menurunkan peluang terkena penyakit jantung dengan menurunkan kadar gula darah, kolesterol jahat LDL, dan tekanan darah yang merupakan faktor yang berkontribusi dalam kemunculan penyakit jantung.

3. Memiliki kandungan antiradang
Peradangan adalah salah satu pertahanan tubuh, tetapi peradangan yang berlebih dapat merusak jaringan tubuh. Manfaat kayu manis terletak pada kandungan antiradangnya yang dapat menurunkan peradangan yang berpotensi membahayakan tubuh.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin
Selain menurunkan kadar gula darah, khasiat kayu manis adalah untuk menurunkan resistensi insulin atau kondisi saat hormon insulin yang membantu mengatur metabolisme dan penyaluran gula dari darah ke sel tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.Resistensi insulin berpotensi menyebabkan diabetes, karenanya kayu manis dapat mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin.

5. Alternatif menyembuhkan kanker
Manfaat kayu manis yang menakjubkan adalah potensinya dalam mencegah dan menyembuhkan kanker. Kayu manis bekerja dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.Kayu manis juga bersifat racun bagi sel kanker dan dapat membunuh sel-sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia mengenai manfaat kayu manis untuk mencegah dan mengobati kanker.

6. Kaya akan antioksidan
Kandungan polifenol dalam kayu manis membuatnya mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

7. Melindungi saraf dan sel otak
Kayu manis diyakini mampu mengatasi penyakit neurodegeneratif yang ditandai dengan menurunnya struktur atau fungsi dari sel otak. Penyakit neurodegeneratif yang paling terkenal adalah penyakit Alzheimer dan Parkinson.Manfaat kayu manis dalam menangkal penyakit Alzheimer dikarenakan kemampuannya dalam menghambat pembentukan protein tau di otak yang dianggap sebagai penyebab dari penyakit Alzheimer.Studi pada tikus yang menderita penyakit Parkinson menemukan bahwa kayu manis mampu melindungi sel saraf, berperan dalam stabilitas kadar senyawa kimia, dan meningkatkan fungsi motorik.Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat kayu manis terhadap penyakit neurodegeneratif.

8. Melawan infeksi bakteri dan jamur
Kayu manis tidak hanya beraroma harum, tetapi juga mengandung cinnamaldehyde yang mampu melawan berbagai infeksi, seperti infeksi jamur pada pernapasan, infeksi bakteri Listeria, dan bakteri Salmonella. Manfaat kayu manis lainnya yang juga diyakini adalah untuk mengurangi bau mulut dan mencegah pembusukan gigi.

9. Membantu menurunkan berat badan
Kayu manis dapat membantu menurunkan berat badan dengan menurunkan efek dari makanan tinggi lemak serta menjaga kadar glukosa. Meskipun demikian, kayu manis bukanlah jalan pintas dalam menurunkan berat badan.Anda dapat mengonsumsi setidaknya satu sendok teh kayu manis untuk membantu meningkatkan rasa kenyang saat makan.

10. Mengatasi multiple sclerosis
Penyakit multiple sclerosismerupakan penyakit autoimun yang menyerang otak dan sistem saraf pusat. Kayu manis memiliki kandungan anti radang yang dapat mengurangi efek multiple sclerosis terhadap sistem saraf pusat.Kayu manis juga dipercaya dapat melindungi sel T dan membantu mencegah penurunan kadar sel T karena multiple sclerosis, serta melindungi lapisan myelin atau lapisan pelindung saraf.

Meskipun demikian, riset masih diperlukan untuk mengetahui khasiat kayu manis dalam mengatasi multiple sclerosis. (*/Sehatq/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.