Senin, 27 September 21

Terjual Rp2,3 triliun, Lukisan Karya Picasso Cetak Rekor

Terjual Rp2,3 triliun, Lukisan Karya Picasso Cetak Rekor
* Proses lelang lukisan karya Pablo Picasso di Christie's, New York. (bbc.co.uk)

New York – Lukisan karya Pablo Picasso berjudul ‘Perempuan Aljazair’ terjual seharga US$179,3 juta atau setara dengan Rp2,3 triliun. Jumlah ini mencetak rekor penjualan lukisan tertinggi di sebuah pelelangan.

Lukisan cat minyak yang diciptakan pada 1954-1955 itu laku terjual setelah melalui proses lelang selama 11 menit di rumah lelang Christie’s di New York, Amerika Serikat.

Siapa pembeli lukisan yang awalnya ditaksir US$140 juta itu tidak diungkap Christie’s. Peserta lelang ada yang datang langsung dan ada pula yang menawar lewat sambungan telepon.

Harga akhir lukisan disebutkan mencapai US$179.365.000, termasuk komisi 12% untuk rumah lelang Christie’s.

Lukisan karya Picasso tersebut praktis menyandang predikat sebagai lukisan termahal yang dijual di rumah lelang.

Sebelumnya, rekor itu dipegang lukisan karya seniman Inggris, Francis Bacon, berjudul Three Studies of Lucian Freud. Pada 2013, lukisan tersebut terjual seharga US$142,4 juta (Rp1,8 triliun) di Christie’s.

Selain lukisan, patung karya Alberto Giacometti disebut-sebut bakal memecahkan rekor sebagai patung termahal yang terjual di rumah lelang.

Para pakar seni meyakini harga karya seni akan terus meninggi.

“Saya tidak melihat hal ini akan segera berakhir, kecuali suku bunga menukik tajam, sesuatu yang saya percaya tidak akan terjadi dalam waktu dekat,” kata Richard Feigen, penjual barang seni di Manhattan. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.