Sabtu, 16 Oktober 21

Terbentur Perppu, Tiga Daerah Belum Laporkan Anggaran Pilkada

Terbentur Perppu, Tiga Daerah Belum Laporkan Anggaran Pilkada

Jakarta, Obsessionnews – Total anggaran untuk pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota di 2016 daerah sebesar Rp5,6 triliun. itu belum termasuk tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (10/2/2015).

“Anggaran pilkada di masing-masing daerah berbeda, bervariasi.  Kalau secara keseluruhan, berdasarkan laporan yang kami terima, itu mencapai Rp5,6 triliun kecuali tiga daerah di Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

“Ketiga daerah itu adalah Buton Selatan, Buton Tengah dan Buton Barat,” tambah Arief.

Menurutnya, ketiga daerah itu enggan menganggarkan dana pilkada. karena pada saat penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) belum ada kejelasan mengenai pengesahan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 menjadi Undang-undang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Tiga daerah itu beralasan waktu itu masih Perppu, belum ada kejelasan Undang-undang. Kalau mengikuti perintah UU Nomor 1 Tahun 2015 yang dari Perppu itu, penyelenggaraan Pilkada di 2015 sehingga ketiga daerah itu harus menganggarkan sekarang juga,” katanya.

KPU telah menerima laporan anggaran pilkada dari 201 daerah yang dijadwalkan akan menyelenggarakan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota di ujung tahun 2015. Sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2015, KPU menyusun draf jadwal pelaksanaan pemungutan suara pilkada serentak untuk 204 daerah pada 16 Desember. (Purnomo)

Related posts