Sabtu, 4 Desember 21

Terancam Tersingkir, Argentina Harus Mati-matian!

Terancam Tersingkir, Argentina Harus Mati-matian!
* Lionel Messi.

Argentina butuh keajaiban – dan kerja ekstra keras tentunya – untuk dapat memperpanjang napas di Piala Dunia 2018. Menghadapi Nigeria pada laga terakhir penyisihan Grup C menjadi partai hidup mati guna memastikann langkah Lionel Messi dkk ke babak 16 besar.

Argentina wajib bekerja ekstra keras, sekaligus berharap dinaungi dewi fortuna, untuk keluar dari lubang jarum. Jika tidak menang dengan memboyong gol atas Nigeria, maka Argentina resmi tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Harapan Albiceleste untuk melenggang ke fase gugur berada di ujung tanduk setelah tidak pernah menang di dua partai pertama. Mereka ditahan tim debutan Islandia 1-1, di mana Lionel Messi gagal mengeksekusi penalti, lalu kalah telak 3-0 dari Kroasia pada partai kedua. Saat ini Argentina menempati posisi buncit dengan satu poin.

Terakhir kali Argentina gagal lolos dari babak grup adalah saat Piala Dunia 2002 – dengan satu-satunya kemenangan ketika itu dipetik melawan Nigeria.

Menyusul hasil buruk di dua partai awal, rumor soal ketidakharmonisan di ruang ganti Albiceleste pun menyeruak. Sejumlah pemain kabarnya terlibat friksi dengan pelatih Jorge Sampaoli, namun kabar ini langsung ditepis eks arsitek timnas Cile tersebut, yang kemudian mengajak tim menampilkan performa terbaik.

“Kami harus memainkan lima partai untuk mencapai final. Besok akan menjadi final pertama kami,” tegas Sampaoli.

“Tak peduli siapa pun yang main besok akan memiliki kewajiban untuk memberi yang terbaik hingga titik keringat terakhir hingga Argentina lolos.

“Kami tak punya alternatif dan saya yakin beginilah akan berjalan. Besok, saya yakin mereka akan melihat versi terbaik Argentina di Piala Dunia ini.”

Jika Argentina membekuk Nigeria di partai terakhir dan Kroasia mengalahkan Islandia, Albiceleste lolos. Mereka juga akan lolos jika membekuk Nigeria, sementara Islandia menekuk Kroasia, dan selisih gol Argentina lebih baik dari Islandia.

Tapi Nigeria dapat lolos cukup dengan imbang atau menang lawan Argentina, jika Islandia kalah atau seri kontra Kroasia. Meski mengidolakan Lionel Messi, pelatih Gernot Rohr menegaskan tidak akan berbelas kasihan kepada La Pulga dan siap mengeluarkan bintang Barcelona itu dari turnamen di Rusia.

“Kita suka pemain hebat ini, Messi, semua orang menyukainya,” tutur Rohr.

“Pertanyaan untuk kami adalah bukan apakah ini laga Piala Dunia terakhir untuknya atau tidak, pertanyaannya adalah kami harus lolos.

“Kami ada di sini bukan untuk melihatnya main, kami di sini untuk mendapatkan hasil. Kami profesional dan harus membela jersey Nigeria.

“Dan kami tahu dalam sepakbola tidak ada belas kasihan, semua orang ingin menang dan kami tidak dapat membuat hadiah apa pun meski kami sangat suka pemain ini.” (goal.com)

Tahukah Anda?
• Empat dari delapan laga antara Nigeria dan Argentina terjadi di putaran final Piala Dunia – Argentina memenangkan keempatnya.
• Nigeria bertemu Argentina di fase grup di tiga Piala Dunia terakhir mereka (2002, 2010, 2014)
• Pertemuan terkini Nigeria dengan Argentina terjadi pada November 2017, dengan Super Eagles menang 4-2 di Krasnodar berkat brace Alex Iwobi.
• Argentina saat ini mencatat rekor tanpa kekalahan terma a di Piala Dunia, tiga pernah menang, dua kali seri dan dua kali kalah.
• Terakhir kali Argentina gagal lolos dari babak grup di Piala Dunia terjadi di Piala Dunia 2002 (masing-masing satu kali menang, seri dan kalah), dan kemenangan tunggal mereka diraih melawan Nigeria.
• Keenam kemenangan Nigeria di Piala Dunia dipetik saat melawan tim Eropa, dengan the Supe Eagles mengantungi dua kali seri dan dan lima kali kalah melawan tim dari benua lain.
• Nigeria membidik kemenangan kedua beruntun di Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1998 – tiga poin ini juga akan menjamin tempat mereka di fase gugur untuk keempat kali.
• Penyerang Nigeria Ahmed Musa saat ini top skor timnas di Piala Dunia dengan empat gol setelah mengepak brace lawan Islandia.
• Lionel Messi mencatat 12 tembakan di Piala Dunia sejauh ini, namun tidak pernah mencetak gol.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.