Jumat, 2 Desember 22

Teori Konspirasi

Teori Konspirasi
* Hendrajit. (Foto: dok. pribadi)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Future Institute

Buku karya Peter Wright, Misteri Konspirasi, membedah dan eksplorasi seputar apa itu teori konspirasi, dan mengapa bisa muncul istilah semacam itu.

Pengalaman saya sendiri baik sebagai wartawan maupun pengkaji geopolitik yang punya dorongan kuat menyingkap kejadian sesungguhnya di balik tirai, ketika ada para pihak yang tidak setuju dengan upaya penyingkapan persekongkolan di balik layar, selalu mereka mengatakan,”Ah, itu kan cuma teori konspirasi.”

Menurut kajian Peter Wright, terlepas awalnya conspiracy theory merupakan analisis ngelantur penuh ilusi dari orang-orang sayap kanan garis keras dan cenderung anti Semit/anti Yahudi, pada perkembangannya sekarang ini, sudah semakin meluas kalangan yang menggunakan pendekatan itu. Jadi sudah meluas spektrum politiknya, mulai dari kanan sampai sayap kiri.

Apalagi beberapa kejadian sejarah membuktikan, seperti kasus Watergate 1972, Kasus Iran Contra 1980-an, kasus NAMRU-2 AS di Jakarta, hingga pemboman gedung WTC pada 2001, terbukti bahwa persekongkolan dari kelompok siluman atau jaringan laba-laba yang berada di lingkar dalam kekuasaan pemerintahan, memang nyata adanya.

Dengan demikian, mengabaikan upaya penyingkapan kebenaran yang selama ini terselubung tabir, sudah tidak tepat lagi dengan menggunakan dalih teori konspirasi. Malah timbul kesan istilah ini digunakan justru sebagai dalih untuk menutup-nutupi kebenaran.

Maka kalau dulu para pengecam konspirasi bilang,”Apa yang ada di benakmu sehingga mengatakan ada konspirasi?” Maka sekarang kita bisa bilang,”Apa yang ada di benakmu sehingga bisa-bisanya mengatakan konspirasi itu tidak ada?”

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.