Kamis, 26 Mei 22

Tenda Jemaah Haji Indonesia Kini Dilengkapi AC

Tenda Jemaah Haji Indonesia Kini Dilengkapi AC
* Ilustrasi tenda jemaah haji. (Foto: Medcom)

Makkah, Obsessionnews.com – Jemaah haji Asia Tenggara, termasuk Indonesia, kini menikmati perjalanan haji dengan nyaman. Pasalnya, pihak penyelenggara haji kini telah melengkapi fasilitas baru berupa tenda ruang ber AC. Penyediaan fasilitas AC di tenda Arafah terkait dengan kehidupan jemaah ini untuk mengurangi hawa panas.

“Dalam tiga tahun terakhir, rata-rata ada 70 jemaah meninggal pada rentang 8-9 Zulhijah (Arafah). Proyek AC di Arafah bukan untuk berfoya-foya, tapi menyangkut kehidupan,” tegas Ketua Muasasah (organisasi pelayanan jemaah haji di Kerajaan Arab Saudi) Asia Tenggara, M Amin Indragiri, di Makkah dalam Rabu (31/7/2019).

Peresmian penggunaan AC tenda Arafah dilaksanakan Minggu lalu. Hadir dalam peresmian itu, perwakilan misi haji dari negara-negara Asia Tenggara. Dari Indonesia hadir Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim, serta Ketua PPIH Arab Saudi Endang Djumali.

M Amin mengajak untuk memiliki pemahaman yang sama bahwa AC di tenda Arafah untuk kehidupan agar para jemaah haji merasa nyaman menjalankan ibadah. “Barangsiapa menjaga kehidupan seseorang maka itu seperti menjaga kehidupan umat manusia,” tegasnya.

Dalam peresmian itu juga diputar film yang menggambarkan proses pemasangan AC. Jenis AC yang digunakan terbagi dalam tiga tipe, yaitu spesifikasi 6 ton, 12 ton, dan 25 ton.

Sri Ilham Lubis sebagai perwakilan luar negeri mengatakan jemaah Indonesia sangat senang saat mendengar akan ada AC di tenda Arafah. Dia juga menyampaikan apresiasi atas usaha keras muasasah untuk terus meningkatkan pelayanan di Arafah. Setiap tahun, kata Sri Ilham, pihaknya terus menyampaikan masukan perbaikan dan muasasah berusaha mewujudkannya.

“Perbaikan di Arafah dalam beberapa tahun terakhir sangat tampak, mulai dari penggunaan lampu LED, karpet dan tenda baru, water cooler atau mist fan. Alhamdulillah tahun ini muasasah bisa menyiapkan AC,” tukasnya.

Sementara itu, Amirul Hajj Indonesia Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kemarin bertolak ke Tanah Suci dengan didampingi 13 anggota yang merupakan pimpinan ormas-ormas Islam. Mereka akan memantau kualitas penyelenggaraan haji dan memberi tausiah kepada jemaah haji Indonesia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.