Selasa, 6 Desember 22

Temui Petani Bawang, Jokowi Janji Bangun Gudang dan Cold Storage

Temui Petani Bawang, Jokowi Janji Bangun Gudang dan Cold Storage

Brebes, Obsessionnews – Presiden Jokowi memerintah perusahaan BUMN yang terdiri dari Bulog, PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan PT Bhanda Graha Reksa segera membangun gudang dan cold storage bagi petani bawang di Brebes, Jawa Tengah.

“Persoalan-persoalan lapangan seperti ini kan dibutuhkan oleh rakyat, ini yang mau kita selesaikan,” ujar Jokowi saat meninjau lapak bawang milik petani di Desa Luwungragi, Bulakamba, Brebes, Jateng, Senin (11/4/2016).

Presiden Jokowi mengatakan tidak adanya tempat penyimpanan yang memadai membuat hasil panen bawang milik petani mengalami pembusukan. Akibatnya petani tidak dapat menikmati hasil panennya dengan baik.

“Saat seperti sekarang harga untuk petani baik, ada sampai Rp 30 ribu, Rp 32 ribu, tapi saat musim panen raya 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan harga jatuh, sampai Rp 6 ribu, Rp 7 ribu,” katanya.

Masalah ini, kata Jokowi harus segera dicarikan solusinya, karena setiap tahun, yang dikeluhkan petani selalu dengan hal yang sama. Bahkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landasan hukum untuk mendukung program itu sudah diterbitkan Presiden Jokowi.

“Kalau gak sampai kapan pun gak akan selesai, swasta juga gak akan mampu, udah lama gak mampu. Ini tugasnya pemerintah, ini akan kita delegasikan ke BUMN, RNI, PPI, dan BGR,” ucap Presiden.

Menurut Jokowi manfaat gudang dan cold storage ini tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan bawang, bahan kebutuhan lainnya seperti beras, jagung, kedelai, cabai, dan daging pun bisa. Sedangkan daya tahan penyimapanan untuk gudang maksimal 2 bulan, dan 6 bulan untuk cold storage.

“Nah ini yang mestinya seperti ini bisa dikendalikan misalnya tadi pergudangan dan cold storage,” pungkas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.