Minggu, 2 Oktober 22

Tempat-tempat Seru di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Tempat-tempat Seru di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi
* Ilustrasi liburan. (Foto: freepik)

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Beberapa pulau besar yang terkenal dan memiliki populasi padat penduduk adalah Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, serta Pulau Papua. Semuanya memiliki keunikan serta keindahannya sendiri.

 

Celebes alias Sulawesi terutama Sulawesi Selatan terkenal dengan pantai-pantainya yang menakjubkan. Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi alam dan wisata Indonesia, ini adalah saat yang tepat. Apalagi ada promo tiket pesawat #MerdekaLiburan Traveloka yang membuat Anda menjadi bisa berkeliling dengan biaya terjangkau.

 

Menikmati liburan. (Foto: freepik)

 

Gembira saat liburan. (Foto: freepik)

 

 

Merencanakan liburan memang tidak selalu mudah, terutama bila Anda pergi membawa semua anggota keluarga. Ada banyak hal yang perlu disusun seperti di mana akan menginap, tempat-tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi, kendaraan apa yang hendak dipakai, kuliner apa saja yang layak untuk dicoba. Meski cukup rumit, semua kerumitan tersebut akan terbayar jika liburan Anda nantinya berjalan dengan sukses.

 

Nah, jika Anda merasa bingung kira-kira apa sajakah tempat wisata di Sulawesi Selatan yang menarik untuk disambangi, Anda berada pada artikel yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk Anda dan keluarga:

1.   Pantai Tanjung Bira

Pantai yang berada di ujung selatan pulau Sulawesi ini keindahannya tidak perlu Anda ragukan lagi. Kawasan Pantai Tanjung Bira tersusun amat rapi dan terawat, padahal harga tiket masuk yang dikenakan per orangnya pun sangat murah.

Meski untuk mencapai pantai ini Anda harus berkendara sejauh 200 km lebih dari kota Makassar, dijamin Anda pasti akan puas. Tekstur pasir yang ada di pantai ini sangat lembut dan nyaman dipijak. Pasirnya berwarna putih, kontras dengan air laut serta ombak kebiruan.

 

Jajaran pohon kelapa serta batu karang di pesisir pantai menambah keindahan dan kenyamanan Anda bermain, berenang, serta berjemur di tepi pantai. Nikmati sajian kuliner berupa seafood serta es kelapa muda sembari merasakan desiran angin pesisir. Pengalaman Anda akan menjadi tak terlupakan.

2.   Goa Tampang Allo

Meski sedikit horor, Anda harus memberanikan diri datang ke kuburan yang satu ini. Berlokasi di Kecamatan Sanggala, Kabupaten Tana Toraja, Anda akan menemukan keunikan dari orang-orang Toraja sejak jaman dulu yang masih ada hingga sekarang.

Ketika menelusuri gua ini, Anda akan menemukan  puluhan erong (peti mayat dengan bentuk binatang seperti sapi atau kuda), puluhan tau-tau dan ratusan tengkorak serta tulang belulang manusia. Tau-tau (patung miniatur orang mati) ini diletakkan di atas peti jenazah.

 

Ditilik dari sejarahnya, gua alam tersebut menjadi kuburan bagi penguasa Sanggala pada abad ke-16 dulu. Menjadi tempat persemayaman bagi Sang Puang Manturino beserta istri dan keluarganya.

3.   Benteng Fort Rotterdam

Bernama lain Benteng Jumpandang atau Benteng Ujung Pandang, Benteng Fort Rotterdam merupakan peninggalan dari kerajaan Gowa-Tallo. Dibangun menggunakan tanah liat dan juga batu padas yang berasal dari pegunungan Karst di daerah Maros.

 

Berlokasi di tepi pantai sebelah barat Kota Makassar, Anda bisa masuk ke dalam Museum La Galigo yang di dalamnya memamerkan beragam benda-benda bersejarah seperti manuskrip, pakaian tradisional, patung-patung, serta keramik.

 

Untuk bisa masuk dan menikmati peninggalan Benteng Fort Rotterdam, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,00 untuk dewasa dan Rp 3.000,00 untuk anak-anak. Sangat murah dan terjangkau bukan?

4.   Taman Laut Taka Bonerate

Berlokasi di wilayah Kepulauan Selayar, Anda harus menyaksikan sendiri keindahan taman bawah laut Taka Bonerate. Ada dua pilihan cara untuk mencapai tempat ini. Pertama dengan menggunakan perahu penyeberangan dari Bira, Bulukumba. Kedua, dengan pesawat dari Makassar ke Benteng, ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dilihat dari atas, Taman Laut Taka Bonerate ini memiliki pulau yang berbentuk seperti ikan. Anda bisa melakukan snorkeling, menikmati sunset, dan juga berenang bersama ikan-ikan. Harga tiket masuk yang dikenakan kepada wisatawan lokal sangat murah, yakni hanya RP 5.000,00 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya sewa perahu, snorkeling, ataupun akomodasi lainnya.

5.   Taman Nasional Bantimurung

Tertarik menyaksikan sebuah tempat yang sering disebut sebagai kerajaan Kupu-Kupu? Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri karena kerajaan tersebut ada di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Terletak di wilayah Kabupaten Maros, hanya sekitar 40 km dari Makassar, Sulawesi Selatan.

 

Taman Nasional Bantimurung di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Foto: dok. Arif RH/OMG)

 

 

Tidak hanya menyaksikan ratusan spesies kupu-kupu yang dilindungi. Di Taman Nasional ini Anda juga bisa menikmati air terjun Bantimurung, Helena Sky Bridge, dan juga menelusuri gua. Asyik, bukan?

 

Nah, itu dia lima tempat wisata yang menarik dan wajib dimasukan ke dalam wishlist jalan-jalan Anda. Jangan lupa untuk membuka Traveloka sebagai aplikasi terbaik untuk memesan tiket pesawat, hotel, dan juga destinasi wisata lainnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.