Minggu, 17 Oktober 21

Teman Ahok Verifikasi Ulang KTP

Teman Ahok Verifikasi Ulang KTP

Jakarta, Obsessionnews – Komunitas relawan Teman Ahok resmi mengusung pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Heru Budi Hartono di Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen, Senin (7/3/2016). Ini merupakan prestasi hebat bagi Teman Ahok yang berhasil meyakinkan Gubernur DKI petahana itu untuk memilih jalur independen. (Baca: Ahok Gandeng Heru Jadi Calon Wagub DKI)

Teman Ahok menyetujui keinginan Ahok yang memilih Heru sebagai pasangannya. Heru adalah Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI.  (Baca: PDI-P Gak Jelas, Ahok Nekat Lewat Jalur Independen)

Teman Ahok yang terdiri dari anak-anak muda inilah yang sejak awal mendukung Ahok maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen. Sejak Juni 2015 mereka melakukan gerakan pengumpulan sejuta kartu tanda penduduk (KTP) untuk mendukung Ahok. Hingga Minggu (6/3/2016) telah terkumpul sebanyak 774.452 KTP. (Baca: Netizen: Ahok Jangan Mau Diperbudak Partai!)

Setelah resmi mengumumkan mengusung duet Ahok-Heru, sejak kemarin Senin (7/3) Teman Ahok mengedarkan formulir dukungan yang mencantumkan nama Ahok dan Heru. Sebelumnya formulir hanya mencantumkan nama Ahok. (Baca: Semakin Kuat Desakan Ahok Maju Lewat Jalur Independen)

Banyak yang menanyakan kepada Teman Ahok lewat telepon dan SMS kelanjutan pengumpulan KTP. Pasalnya, informasi yang beredar di lapangan terkesan simpang siur. (Baca: Jakarta Butuh Sosok Pemberani Seperti Ahok)

“Ahok sudah menyerahkan semua sistem pengadministrasian independen kepada Teman Ahok. Maka tekad adalah meminimalisir semua celah hukum yang ada. Mulai hari ini Ahok bisa jadi akan berseberangan dengan semua kepentingan politik yang ada. Dan kita akan berusaha menutup sekecil apapun celah yang mengganggu pencalonan Ahok,” kata Teman Ahok dalam siaran persnya, Selasa (8/3).

Terkait hal itu Teman Ahok memutuskan untuk memverifikasi ulang  dengan mendatangi kembali warga yang telah mengumpulkan KTP untuk meminta kesediaan mereka menandatangani lagi dukungan terhadap pasangan Ahok-Heru.

“Hal ini akan kami lakukan, meski secara hukum ada ahli dan konsultan hukum kami yang berpendapat bahwa formulir yang ada sekarang  sudah sah untuk mencalonkan lewat jalur independen,” tutur Teman Ahok.

Dalam verifikasi ini para pengumpul KTP sebelumnya yang tidak setuju Ahok berpasangan dengan Heru bisa mencabut dukungan. Dan tidak akan disertakan ke perhitungan dan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Teman Ahok mengemukakan, penting untuk diingat bahwa verifikasi hanya untuk warga yang sudah mengumpulkan KTP sebelumnya (formulir lama yang belum ditulis nama wakilnya). Bagi yang belum mengumpulkan KTP dan ingin mengumpulkan KTP sekarang dapat mengumpulkan dengan formulir baru yang sudah memiliki nama wakil. Formulir dapat di-download di halaman http://temanahok.com/ktpuntukahok. Dalam mengisi formulir, nomor telepon dan email adalah kolom yang wajib diisi untuk memudahkan dihubungi.

Teman Ahok  tengah mengkaji mekanisme paling baik untuk melakukan verifikasi. Proses demi proses dan pengumuman berikutnya akan diumumkan di media sosial dan website Teman Ahok.

Dengan verifikasi ini, berarti ada dua hal yang berjalan di Teman Ahok. Pertama adalah pengumpulan KTP seperti biasa, namun dengan formulir baru. Dan yang kedua adalah verifikasi pengumpulan KTP yang lama.

“Memang tidak ringan tapi kita yakin bisa,  karena sebelum ini apa yang Teman Ahok kerjakan sejauh ini juga dibilang mustahil oleh banyak orang. Kita  juga percaya bisa melakukan ini karena dukungan masyarakat,” kata Teman Ahok.

Ahok juga mendapat dukungan dari Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini secara resmi mendeklarasikan dukungannya pada Ahok, Jumat (12/2) lalu. Dukungan Nasdem tanpa syarat, yakni dipersilakan maju lewat jalur independen dan memilih sendiri wakilnya. Nasdem membantu Teman Ahok mempercepat pengumpulan sejuta KTP. Nasdem membentuk muda-Muda Ahok yang bersinergi dengan Teman Ahok dalam pengumpulan KTP. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.