Kamis, 14 November 19

Telkom Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui IDL

Telkom Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui IDL
* Salah satu peserta sedang bertanya mengenai materi Indonesia Digital Learning (IDL ) 2016.

Jakarta, Obsessionnews – Sebagai korporasi yang melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia, Telkom berpartisipasi aktif dalam dalam kualitas pendidikan di Indonesia.

Telkom sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat senantiasa berusaha mewujudkan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan di lokasi perusahaan berada. Perwujudan dan kepedulian tersebut antara lain melalui  pemberdayaan masyarakat dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Suasana selama seminar IDL 2016
Suasana selama seminar IDL 2016

Melalui program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab perusahaan Telkom menyelaraskan visi dan misi dengan portofolio bisnis perusahaan. Adapun tema CSR yang diusung adalah “Telkom Indonesia untuk Indonesia”. Visi dan misi ini bertujuan untuk mencapai masyarakat yang mencerahkan (enlightening society), yaitu masyarakat yang mendapatkan kesejahteraan melalui kegiatan-kegiatan yang berlandaskan pada tiga pilar utama Telkom CSR: pengembangan lingkungan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Lingkup kegiatan Telkom CSR memprioritaskan tiga bidang utama, yaitu sosial, lingkungan, dan ekonomi. Untuk bidang sosial perseroan fokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat serta menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, pelestarian serta pembinaan agama, budaya, seni, dan olahraga, dukungan pelestarian budaya dan keadaban nasional, dan dukungan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara untuk bidang lingkungan, Telkom memprioritaskan pada program bantuan kemanusiaan dan bencana alam serta kegiatan pelestarian lingkungan hidup.

Sedangkan pada bidang ekonomi, perseroan fokus pada pemberdayaan komunitas dan peningkatan kemampuan pengetahuan serta perilaku, pemberian nilai tambah bagi seluruh stakeholder Telkom, penyediaan sarana dan prasarana komunikasi dan informasi umum, peningkatan kemampuan UKM dan pengembangan industri kreatif digital.

Komitmen utama Telkom dalam menjalankan CSR adalah turut mengembangkan kualitas hidup dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan. Perusahaan juga memandang perlu untuk menciptakan hubungan baik dan harmonis dengan masyarakat.

Sementara itu, untuk mencapai enlightening society, Telkom antara lain mengembangkan lingkungan digital dengan menyediakan dan mengelola infrastruktur komunikasi. Telkom juga mengembangkan beragam fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menunjang dan menghubungkan seluruh aktivitas. Sedangkan melalui masyarakat digital, Telkom turut memberdayakan masyarakat seiring kemajuan di bidang TIK. Hal ini dilakukan dengan edukasi tentang pemanfaatan TIK secara optimal untuk memudahkan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun melalui pengembangan ekonomi digital, Telkom aktif bersinergi dengan menyediakan fasilitas TIK di berbagai layanan umum yang digunakan oleh masyarakat serta memberi dukungan TIK pada usaha mikro, kecil dan menengah, terutama di sektor industri kreatif.

Indonesia Digital Learning

Salah satu bakti Telkom terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia adalah program My Teacher  My Hero Award 2016. Kegiatan ini  merupakan bagian dari program Indonesia Digital Learning (IDL), yakni program untuk mencetak 100 master trainer (digital Squad) melalui Training  for Trainer untuk menuju 1 juta guru.

Penyampaian materi mengenai pembuatan video Penyampaian materi mengenai pembuatan video Penyampaian materi pembuatan video.
Penyampaian materi mengenai pembuatan videol

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, My Teacher My Hero Award 2016 memberikan penghargaan bagi guru-guru aktif dan kreatif dalam pemanfaatan digital learning dan membekali para master trainer dengan kurikulum Indonesia Digital Learning 2016.

Arif menjelaskan, IDL merupakan salah satu program Telkom sebagai wujud kepedulian Telkom terhadap pergerakan kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya perkembangan potensi, minat, bakat dan skill bagi para guru dalam bidang digital atau penggunaan TIK.

“Secara khusus, IDL 2016 adalah program peningkatan kompetensi guru di bidang TIK dalam proses belajar mengajar,” ujar Arif Prabowo.

Secara umum tujuan Program IDL antara lain meningkatkan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik, membekali guru agar dapat memanfaatkan perangkat IT sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan dan membekali guru dalam berkolaborasi dengan siswa dan guru lain di seluruh dunia.

Melalui program IDL ini, para guru diharapkan mampu menggunakan dan memberdayakan sumber-sumber bahan ajar yang banyak tersedia di komputasi awan dan berbagai aplikasi berbasis komputasi awan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Para juga dapat memproduksi kontent kontent sederhana maupun kompleks yang diletakkan di cloud sehingga memudahkan guru dalam sharing ilmu dan berkolaborasi dengan murid atau antar guru.

Beberapa rangkaian IDL meliputi pelatihan IDL dan My Teacher My Hero (MTMH). Pelatihan IDL dilaksanakan berlangsung dari tanggal 18 April – 4 Mei 2016 di 8 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Jogjakarta, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Bandung dengan peserta di masing-masing koa sebanyak 300 guru. Setelah proses pelatihan IDL dari seluruh Indonesia ini dipilih 45 peserta yang akan mengikuti Booth Camp My Teacher My Hero untuk kemudian diseleksi menjadi 17 orang dan selanjutnya disaring menjadi 8 orang. Peserta 8 orang guru ini akan mendapatkan awarding My Teacher My Hero Competition untuk mengikuti Banchmark ke Australia.

Dalam pelatihan IDL  peserta akan mengikuti training yang dipandu oleh para pakar terpilih dengan mengaplikasikan modul yang telah dibentuk oleh Telkom bagi para guru dalam mengaplikasikan kualifikasi digital, yaitu Information, Technology and Communication (ICT).

Melalui program IDL ini Telkom berharap dapat meningkatkan kompetensi para guru yang akan memberikan kontribusi dalam mencerdaskan Bangsa menuju kehidapan Indonesia yang lebih baik. (Isti/Men’s Obsession)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.