Kamis, 25 April 24

Telepon Genggam Turunkan Prestasi Belajar

Telepon Genggam Turunkan Prestasi Belajar
* Banyak mahasiswa di AS yang amat terbiasa menggunakan telepon genggam saat belajar. (bbc.co.uk)

Amerika – Jika Anda berpendapat bisa belajar dengan baik dengan diselingi mengirim dan menerima pesan lewat telepon seluler, maka Anda tampaknya keliru.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan para mahasiswa yang mengirim dan menerima pesan saat belajar mendapatkan hasil ujan yang lebih rendah.

Sementara mahasiswa yang tidak menggunakan telepon seluler menjadi lebih baik dalam mengingat informasi yang dipelajarinya, seperti dilaporkan wartawan urusan pendidikan BBC, Sean Coughlan.

Tim dari Universitas Ohio dan Universitas Nebraska mengkaji bagaimana generasi ‘penggemar berat pesan telepon’ terpengaruh dengan banyak gangguan internet.

Penelitian itu diberi judul ‘Telepon Seluler di Ruang Kelas: Mengkaji Dampak Pesan, Twitter, dan Isi Pesan atas Belajar Mahasiswa’ dengan 145 mahasiswa S1 sebagai responden.

Apakah telepon genggam diintegrasikan dalam pelajaran atau dilarang di ruang kuliah? (bbc.co.uk)
Apakah telepon genggam diintegrasikan dalam pelajaran atau dilarang di ruang kuliah? (bbc.co.uk)

Di kalangan mahasiswa S1 di Amerika Serikat, menurut penelitian, penggunaan telepon seluler sudah amat lazim saat kuliah maupun ketika belajar di rumah.

“Amat biasa mengamati mahasiswa yang hadir secara fisik namun secara mental terlena dengan bahan-bahan yang tidak berkaitan dengan pelajaran di telepon seluler mereka,” seperti dinyatakan laporan penelitian itu.

Bagaimanapun masih tetap menjadi pertanyaan bagaimana tanggapan yang sebaiknya atas telepon seluler.

Ada yang menyarankan telepon genggam diintegrasikan dengan pelajaran sementara pendapat lain berpendapat diberlakukan larangan telepon seluler di ruang kuliah. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.