Kamis, 25 April 24

Taspen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Taspen Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Naskah: Iqbal Ramdhani, Foto: Dok. TASPEN

 

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran banyak untuk membangun Negeri, begitu juga dengan PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau disebut PT TASPEN (Persero) yang selama ini membantu untuk memberikan kesejahteraan masyarakat di bidang jaminan sosial Pegawai Negeri Sipil, hal tersebut dapat dilihat dari program-program yang diberikan yaitu, Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM).

 

Program THT merupakan program asuransi yang terdiri dari Asuransi Dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan Asuransi Kematian (Askem). Asuransi Dwiguna merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan keuangan kepada peserta pada saat mencapai usia pensiun atau bagi ahli warisnya apabila peserta meninggal dunia sebelum mencapai usia pensiun.

 

Sedangkan Askem merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan keuangan bagi peserta apabila isteri/suami/anak meninggal dunia atau bagi ahli warisnya apabila peserta meninggal dunia. Askem anak diberikan apabila anak peserta belum berusia 21 tahun atau 25 tahun yang masih sekolah dan belum menikah. Ada juga Program Pensiun, yaitu penghasilan yang diterima oleh pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah.

 

 

Program Pensiun menggunakan sistem pembiayaan Pay As You Go (PAYG) atau sistem dimana pembiayaan manfaat pensiun dilakukan pada saat jatuh tempo dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Selanjutnya TASPEN juga memiliki Program JKK yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara, program ini merupakan perlindungan atas risiko kecelakaan selama kerja atau penyakit akibat kerja. Jenis manfaat yang diberikan meliputi perawatan mulai dari pemeriksaan dasar dan penunjang sampai dengan rehabilitasi medik, selain perawatan ada juga santunan mulai dari santunan kecelakaan kerja, santunan kematian, santunan berkala, dan tunjangan cacat.

 

Selain program di atas, ada juga Program JKM yaitu bentuk perlindungan atas risiko kematian, tapi bukan karena akibat kecelakaan kerja. Perlindungan itu berupa santunan kematian yang meliputi santunan sekaligus uang duka wafat, biaya pemakaman dan bantuan beasiswa.

 

Program-program tersebut diberikan kepada masyarakat melalui strategi layanan Sahabat Latanro yang merupakan singkatan dari Sejahtera Berkat Layanan TASPEN (Persero), Layanan ini ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada peserta.

 

Untuk mendukung program Nawa Cita Presiden Joko Widodo, TASPEN turut bersinergi dengan perusahaan BUMN lainnya untuk mempercepat terlaksananya program pemerintah dengan melakukan penyertaan modal sebanyak 2 triliun pada salah satu anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) yaitu PT Waskita Toll Road, TASPEN juga berperan aktif dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang menjadi perhatian pemerintah melalui sinergi bersama PT Waskita Karya dan PT Sarana Multi Infrastruktur. Selain itu TASPEN juga telah menjadi pelopor dalam terwujudnya program Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA) yang dicanangkan oleh Kementerian PPN Bappenas.

 

TASPEN juga turut meningkatkan saham hingga mencapai 40% terhadap Bank Mandiri Taspen Pos (Bank Mantap). Hal tersebut dilakukan untuk penguatan modal terhadap Bank Mantap yang juga diharapkan dapat mewujudkan tujuannya sebagai Bank terbaik pada segmen pensiunan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terutama dalam hal penyaluran kredit sehingga dapat menggerakkan laju pertumbuhan, memberikan dampak positif terhadap ekonomi nasional ke arah yang lebih baik menuju masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

 

 

Guna mencapai target akhir tahun 2017, TASPEN memiliki langkah-langkah dengan melakukan pengelolaan aset investasi secara prudent agar dapat memenuhi kebutuhan pembayaran manfaat bagi peserta dalam jangka panjang, melakukan upaya peningkatan pendapatan dan pengendalian biaya di semua lini usaha, memaksimalkan hasil investasi melalui investment mixed sebaik mungkin untuk mendukung kepastian hasil investasi jangka pendek dan panjang, melakukan optimalisasi kinerja anak perusahaan sehingga mampu memberikan kontribusi laba kepada perusahaan induk, mendukung penyelesaian tranformasi program THT dari manfaat pasti ke iuran pasti dan pengembangan manfaat tambahan THT, turut melakukan kegiatan sosialisasi dan peningkatan kerjasama dengan pihak-pihak terkait tentang implementasi program THT, JKK, JKM, dan memberikan prioritas pada peningkatan kompetensi human capital dalam mengantisipasi transformasi bisnis TASPEN untuk peningkatan nilai tambah dan daya saing perusahaan.

 

Selain itu, TASPEN juga melaporkan pencapaiannya sepanjang semester I tahun 2017. TASPEN membukukan laba pada periode ini sebesar 467,97 Miliyar yang mencapai 68,35% dari target yang telah ditetapkan pada RKAP Tahun 2017, serta mencapai skor 97,44% pada nilai KPI Korporasi. Tidak hanya itu, TASPEN juga kerap mendapatkan penghargaan baik nasional maupun internasional seperti penghargaan The Best Enterprise dalam forum Konferensi Internasional “Excellence in Quality” pada ajang Europe Business Assembly (EBA), Taspen juga menyabet tiga penghargaan dengan kategori BUMN Terbaik, The Big and The Best Human Capital Director dan The Big and The Best Companies pada ajang Indonesia Human Capital Award (IHCA)-III Tahun 2017.

 

Selain mendapat tiga penghargaan itu, TASPEN juga mendapat juara harapan I dalam Pemilihan Unit Kearsipan Terbaik Nasional Tahun 2017 kategori BUMN dalam ajang Penghargaan Kearsipan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). TASPEN juga mendapatkan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik dengan program inovatif Sejahtera Berkat Layanan TASPEN (Persero) (Sahabat Latanro) pada ajang Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, dan menerima penghargaan Indonesia Most Admired Companies 2017, dalam ajang Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2017 oleh Media Warta Ekonomi. []

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.