Kamis, 18 April 24

Taro Aso, Sang Kennedy dari Jepang

Taro Aso, Sang Kennedy dari Jepang
* Mantan Perdana Menteri Jepang, Taro Aso. (Foto: flickr.com)

“Kurang Ajar dan Kasar”

Oleh para pengamat Aso dianggap “kurang ajar dan kasar” karena lidah ”tajam”-nya hingga menyakitkan perasaan banyak orang. Pernyataan pedas kerap menimbulkan persoalan baginya. Ia kerap kali harus minta maaf atas pernyataannya yang kontroversial. Seperti saat ia memakai isu penyakit alzheimer sebagai bahan lelucon. Padahal, isu ini sensitif bagi orang-orang tua di Jepang. Atau saat ia menyinggung isu bencana banjir dengan menyatakan ”untung saja kota-kota besar” tidak terkena banjir. Aso juga pernah dipaksa segera minta maaf saat ia menyamakan partai oposisi di Jepang dengan Nazi. 

Pernyataan lainnya yang mencengangkan adalah ketika ia menyatakan ”negeri yang ideal adalah negeri yang bisa menarik perhatian orang Yahudi yang paling kaya”. Bahkan dia juga pernah memuji masa kolonialisme Jepang di Semenanjung Korea pada 1919-1945, yang membuat marah Korea Selatan dan Korea Utara. Aso juga pernah mengkritik kebijakan Amerika Serikat di Irak pada 2007 dengan menyatakan, Jepang yang ”berwajah kuning” akan lebih berhasil berdiplomasi di Timur Tengah daripada Barat yang punya ”rambut pirang dan mata biru” karena Jepang tak pernah mengeksploitasi kawasan itu.

Baik Aso dan Kennedy bole memiliki latar belakang sosial yang sama, namun memiliki perbedaan dalam karier politik saat memerintah di negara mereka masing-masing, dimana Aso mampu menyelesaikan masa jabatannya sebagai Perdana Menteri Jepang. Sedangkan Kennedy tidak dapat menyelesaikan masa jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat, lantaran dibunuh  Lee Harvey Oswald di Dallas, Texas pada Jumat, 22 November 1963, dalam kunjungan politiknya ke Texas untuk meredam gesekan di internal Partai Demokrat. Oswald melesakan pelurunya dari gedung depositori, yang mengena tenggorokan, di punggung atas, dan satu tembakan mematikan di kepala. (Has)

 

Baca juga:

Jepang Raih Tiket Piala Dunia U-17

Ketahuan Sewa PSK, Empat Atlet Jepang Dilarang Tanding Setahun

Anak Indonesia Dapat Emas Lomba Gambar Internasional di Jepang

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.