Sabtu, 4 Juli 20

Tarik Wisatawan Berdatangan, Tana Toraja Harus Perbanyak Event

Tarik Wisatawan Berdatangan, Tana Toraja Harus Perbanyak Event
* Event Pesona Kemilau Toraja 2019. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com Tana Toraja, Sulawesi Selatan, memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Untuk itu, untuk menarik wisatawan datang ke situ harus sering mengadakan acara atau event.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muh Ricky Fauziyani mengatakan, salah satu upaya mempromosikan daerah adalah memperbanyak event.

“Semua bisa dijadikan event. Karena lewat event daerah akan semakin dikenal lewat pemberitaan. Tapi tidak hanya menggelar. Kualitas event juga harus dipikirkan,” ujar Ricky dalam keterangan tertulis Kemenparekraf yang diterima obsessionnews.com, Minggu (29/12/2019).

Sebelumnya, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, memanfaatkan puncak perayaan Pesona Kemilau Toraja 2019 dengan menampilkan kekayaan yang mereka miliki meliputi budaya hingga kopi khas daerah itu.

Salah satu kekayaan Tana Toraja yang ditampilkan dalam acara tersebut adalah kopi. Sebelum acara dimulai, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae mengajak para undangan untuk bersama-sama mengangkat cangkir berisi kopi yang telah disediakan.

“Kita bersyukur karena Toraja dianugerahi banyak sekali kekayaan alam. Salah satunya kopi ini. Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua yang ada di sini untuk menikmati kopi Toraja yang nikmat ini,” ujar Nicodemus.

Usai mengopi, giliran kekayaan budaya yang ditampilkan. Sejak awal para tamu sudah disambut dengan berbagai atraksi. Ada Pa’randing Simbuang, Ma’ Papangan, Sorongan Sepu Tadoan Tole, Ma Lambuk, dan Ma Gendang.

Sementara di sela-sela acara, berbagai atraksi rakyat ditampilkan meliputi Pa Tirra, Pa Gellu Todollo, Passuling Tedek, dan Pa Barung.

Menurut Ketua Panitia Rospita Napa, Tana Toraja sangat kaya akan wisata alam, budaya, dan religi. Jika dimaksimalkan, potensi-potensi ini bisa menjadi penyumbang PAD.

“Inilah salah satu alasan Pesona Kemilau Toraja 2019 digelar. Event ini efektif mendatangkan wisatawan. Apalagi dalam agendanya ada festival kopi, tenun, christmas day semua diserbu wisatawan,” papar Rospita. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.