Sabtu, 23 Oktober 21

Tarian Budaya Tradisional Jadikan Amalia Hernandez Koreografer Terkenal

Tarian Budaya Tradisional Jadikan Amalia Hernandez Koreografer Terkenal
* Ballet Folklorico De Mexico De Amalia Hernandez. (Dok. dancetabs).

Jakarta, Obsessionnews.com – Setiap manusia hanya bisa berencana, namun garis kehidupan sudah diatur oleh Tuhan. Kesuksesan diraih, tentu dengan bakat dan kerja keras.

Ini terlihat jelas dari pengalaman hidup koreografer terkenal asal Mexico, Amalia Hernandez. Mencintai dunia tari mengantar dirinya sebagai pemilik karya yang hingga kini tetap di tonton masyarakat dunia.

Siapakah Amalia Hernandez? Lalu bagaimana lika liku kehidupannya? Ia lahir di Mexico, 19 September 1917 memiliki ayah yang berprofesi sebagai perwira militer dan politisi mapan, Lamberto Hernández dan ibunya bernama Amalia Navarro.

Karier Amalia sebagai koreografer dipengaruhi ibunya semasa ia kecil. Ia diperkenalkan pada pelajaran seni, nyanyian dan musik. Beruntung, kedua orangtuanya sangat mendukung minatnya, khususnya tarian.

Pada usia 17, ia memasuki Sekolah Tari Nasional yang disutradarai oleh Nellie Campobello. Setelah beberapa kali mengalami konflik dengan direktur sekolah, Amalia Hernandez keluar dan menikah, menunda karirnya untuk sementara waktu.

Amalia Hernandez

Berpindah, dari tarian modern beralih ke tarian tradisional

Pada akhirnya, ia mulai bekerja di Institut Seni Rupa Seni sebagai guru dan koreografer dari tarian modern. Namun sayang sekali, menjadi koreografer dengan tarian modern saat itu tidak membuat ia puas. Ada sesuatu yang bergejok dihatinya. Hingga akhirnya ia merasa nyaman dengan tarian budaya tradisional Meksiko.

Pilihannya dengan membawa budaya negerinya sudah ia putuskan, lalu ia pada tahun 1952 Amalia mendirikan Ballet Folkloric Meksiko dengan hanya 8 penari.

Usahanya berkembang pesat. Pada tahun 1959, ansambel telah berkembang menjadi 60 penari hingga mencapai 300 penari.

 

Menuai kepopuleran

Bayangkan, sejak tahun 1960, Amalia Hernández menciptakan lebih dari 60 koreografi dan baletnya yang terkenal telah tampil tanpa terputus setiap hari Minggu pagi dan Rabu malam di Istana Seni Rupa di Mexico City.

Selain itu, ia mendirikan Folkloric Ballet School di Mexico City, saudara laki-lakinya, arsitek Agustín Hernández Navarro merancang bangunan tersebut pada tahun 1968.

Cinta Aminah Hernandez tentang negaranya telah memperkuat citra asli Meksiko di seluruh dunia dengan karyanya lewat tarian folklorico.

Tariannya juga berfokus pada area geografis dan area budaya tertentu di Meksiko. Ini akan  memberikan pandangan yang beragam tentang Meksiko. Misalnya, tariannya yang paling terkenal (Melodies of Michoacan, Deer Dance, Jalisco, Fandangos).

Kelompok Ballet yang ia pimpin membuat Amalia Hernandez berhasil melakukan pertunjukam lebih dari 15.000 kali untuk jumlah penonton lebih dari 22 juta orang. Salah satu pertunjukan tersebut untuk Presiden Amerika, John F. Kennedy. Tahun 2000 dalam usia 83 tahun ia wafat ditanah kelahirannya, Mexico.

Berita tentang Amalia Hernandez menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Rabu (20/9/2017)  hingga pukul 11.00 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 1.000.000 kali.

Tampilan Google Doodle, Selasa (19/9/2017).

Tak heran, karyanya mendapat apresiasi dari masyarakat dunia. Terlihat juga, Selasa (19/9) kemarin, halaman utama Google atau Google Doodle, mempersembahkan penghargaannya kepada wanita bernama Amalia Hernandez, dengan menampilkan ilustrasi dari para penari dengan pakai warna warni. Tarian dengan bermacam gaya. (Popi)

 

Baca juga:

Cinta Tarian, Jadikan Amalia Hernandez Koreografer Balet Dunia

Google Doodle Dihiasi Amalia Hernandez

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.