Sabtu, 8 Oktober 22

Tangerang Jadi Referensi Pengelola PDAM se-Indonesia

Tangerang Jadi Referensi Pengelola PDAM se-Indonesia

Tangerang, Obsessionnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menjadi referensi kabupaten/kota lain di Indonesia untuk sistem pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Hal itu di buktikan dengan dipilihnya Tangerang sebagai predikat terbaik kedua dalam pengelola PDAM se Indonesia.

Berkat keberhasilan itu banyak daerah tingkat dua di Indonesia melakukan kunjungan kerja ke PDAM Tangerang yang dinakhodai Rusda Mahmud.

Salah satu kota yang melakokan kunjungan kerja terkait pengelolaan air bersih yakni Kota Tomohon, Sulawesi Utara.  Sedikitnya 10 orang anggota DPRD Tomohon mendatangi kantor Bupati Tangerang yang terletak di pusat pemerintahan Tiga Raksa.

Dalam kesempatan itu para anggota DPRD Tomohon diterima langsung oleh Dirut PDAM Kerta Raharja Tangerang, dan Sekretaris Daerah Tangerang Iskandar Mirsyad. Namun dalam acara itu tidak tampak satu orangpun dari anggota DPRD Tangerang.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon Youddy Moningkah mengaku sangat kagum atas berbagai sistem pengelolaan Pemkab Tangerang kepada PDAM.

“Kunjungan kerja dalam mempelajari pengelolaan PDAM di Tangerang ini merupakan rekomendasi dari Kementerian PU. Kami takjub atas berbagai sistem yang digunakan di sini, salah satunya soal penyertaan modal,” kata Youddy usai melakukan kunjungan ke Pemkab Tangerang,

Youddy menilai pihak Pemkab Tangerang cukup terbuka terkait kekurangan yang ada dalam pengelolaan PDAM.

“Pemkab sendiri sangat terbuka seperti, mengakui masih ada 11 persen warganya yang masih belum tersentuh saluran PDAM,” ungkapnya.

Kendati demikian, hasil kunker sendiri tentunya akan dijadikan contoh dan rumusan agar wilayah Tomohon mendapatkan air bersih secara menyeluruh.

Sementara itu Sekda Tangerang Iskandar Mirsyad mengatakan, Pemkab Tangerang sangat peduli dalam urusan kebutuhan warga Tangerang, salah satunya kebutuhan air bersih. Untuk itu pihaknya perlu secara profesional dan terpadu dalam menangani persolan air bersih.

Sementara itu Direktur PDAM Kerta Raharja Rusdi Mahmud mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih terus melakukan upaya perbaikan pelayanan kepada para pelanggan PDAM, baik itu mutu maupun ketersedia air baku.

Untuk itu pihaknya akan menambah tandon-tandon air di beberapa titik yang tersebar di Tangerang, guna meningkatkan ketersedia air baku. (Dod/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.