Kamis, 25 April 24

Tangani Covid-19, Pesawat TNI C-130 Hercules Angkut Alkes dari China

Tangani Covid-19, Pesawat TNI C-130 Hercules Angkut Alkes dari China
* Pesawat Hercules dan kru pesawat dengan memakai alat pelindung diri (APD). (Foto: Video dari Media Sosial)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut alat-alat kesehatan (alkes) dari Shanghai, China, pada Minggu 22 Maret 2020 malam telah tiba di Lanud Raden Sadjad, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Berdasarkan rencana, pesawat tersebut hanya transit di sana. Pesawat akan kembali terbang menuju Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan tiba sekira pukul 09.30 WIB, Senin 23 Maret 2020.

Mengutip keterangan Puspen TNI, Senin (23/3/2020), adapun alat-alat kesehatan yang dibawa berupa disposable masks (masker sekali pakai), N95 masks (masker n95), protective clothing (pakaian pelindung), goggles (kacamata), gloves (sarung tangan), shoe covers (penutup sepatu), infrared thermometer (thermometer inframerah), dan surgical caps (topi bedah).

Misi kemanusiaan Pesawat C-130 Hercules ini dipimpin Letkol Pnb Suryo dan kru berjumlah 18 orang. Dalam bertugas, mereka menerapkan prosedur keselamatan dengan memakai alat pelindung diri (APD) sehingga tidak tertular virus corona (Covid-19).

Keberangkatan pesawat tersebut sesuai permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan terkait penanggulangan virus corona di Indonesia.

Peralatan kesehatan ini merupakan hasil kerja sama government to government (G to G) antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat China. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.